Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al–Tibya>n Fi A<da>bi h}amalati al - Qur’a>n karya Iman Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An Nawawi Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam

Suradi, Suradi (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al–Tibya>n Fi A<da>bi h}amalati al - Qur’a>n karya Iman Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An Nawawi Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210313191 SURADI.pdf

Download (892kB)

Abstract

ABSTRAK
Suradi, 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al – Tibyan Fi Adabi H}Amalati Al - Qur’an Karya Iman Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf An Nawawi dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Tujuan Pendidikan Islam
Pendidikan akhlak adalah suatu proses yang mempunyai tujuan yang biasanya diusahakan untuk menciptakan pola - pola tingkah laku tertentu pada anak anak yang dididik. Dalam pandangan Islam, pendidikan berperan sebagai sarana untuk menjadikan manusia yang tertanam dalam jiwanya nilai-nilai Islam, bukan hanya sebatas pengetahuan yang pada akhirnya menjadikan manusia sekuler, melainkan sebagai tujuan untuk menciptakan manusia yang berakhlak. Proses pendidikan yang diajarkan Nabi SAW tidak berhenti pada Transfer of knowledge tetapi juga transfer of value. Dari hal inilah melahirkan Insan kamil, yang tidak hanya pandai secara intelektual tetapi juga cerdas secara spiritual, tidak hanya kaya pengetahuan tetapi juga kaya akan karya. Penelitian ini bertujuan sebagaimana dalam pokok – pokok permasalahan skripsi, yaitu: untuk mengetahui nilai – nilai pendidikan akhlak dan untuk mengetahui keterkaitan antar nilai pendidikan akhlak dengan Tujuan Pendidikan Islam.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara menelusuri dan menelaah data dan materi yang berhubungan dengan pendidikan akhlak dan Relevansinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam, dan penulis juga menggunakan sumber data dari internet.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan: 1) bahwasanya Pendidikan akhlak adalah suatu proses yang mempunyai tujuan yang biasanya diusahakan untuk menciptakan pola pola tingkah laku tertentu pada anak anak yang dididik. 2) Menurut Ibnu Maskawaih (941–1030 M), akhlak dalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan–perbuatan tanpa melalui pemikiran terlebih dahulu. 3) Adapun tujuan pendidikan islam adalah terbentuknya kepribadian yang utama berdasarkan pada nilai–nilai dan ukuran ajaran islam dan dinilai bahwa setiap upaya yang menuju kepada proses pencarian ilmu dikategorikan sebagai upaya perjuangan dijalan Allah Swt. 4) Pendidikan islam adalah proses pembentukan individu untuk mengembangkan fitrah atau jiwa keagamannya, yang secara konseptual di pahami, dianalisis serta dikembangkan dari Al–Qur’an dan hadits melalui proses pembudayaan dan pewarisan serta pengembangan kedua sumber islam tersebut pada setiap generasi dalam sejarah umat islam dalam mencapai kebahagiaan dan kebaikan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:31
Last Modified: 13 Nov 2019 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8317

Actions (login required)

View Item View Item