Adab Peserta Didik Menurut Imam Al-Nawawi Dalam Kitab Al-Tibya>N Fi} Ha>Mala>Ti Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Pembentukan Kepribadian Muslim

Abdurrosyid, Imam (2019) Adab Peserta Didik Menurut Imam Al-Nawawi Dalam Kitab Al-Tibya>N Fi} Ha>Mala>Ti Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Pembentukan Kepribadian Muslim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD brok.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Imam Abdurrosyid. 2019, “Adab Peserta Didik menurut Imam Al-Nawawi
dalam Kitab al-Tibya>n fi} A>da>bi Hamalati al-Qur’an dan
Relevansinya dengan Pembentukan Kepribadian Muslim. Skripsi Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata kunci: Adab, Peserta Didik, Kitab al-Tibya>n fi} A>da>bi Hamalati al-
Qur’an, Pembentukan Kepribadian Muslim
Berbicara mengenai adab pada masakini, terjadi beberapa fenomena dalam
dunia pendidikan. sebagai cerminan tentang merosotnya adab sebagai pelaku
pendidikan, baik dari segi pimpinan pendidikan, guru dan khususnya peserta
didik. Kondisi tersebut akan berdampak terhadap kualitas pendidikan yang
diharapkan. Salah satu contohnya adalah adab peserta didik yang sudah hampir
hilang dari setiap orang. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya siswa atau
mahasiswa yang tidak mempunyai sopan santun dalam berbicara, berprilaku dan
berpakaian yang tidak sesuai dengan konsep ajaran Islam, melanggar akhlak,
peraturan sekolah kode etik ditingkat mahasiswa, itu semua menunjukkan bahwa
kerusakan moral, akhlak dan adab sudah sangat memperihatinkan.
Berdasarkan dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dari
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana Pemikiran Imam Al-Nawawi
tentang Adab Peserta Didik dalam Kitab al-Tibya>n fi}A>da>bi Hamalati al-
Qur’an ? 2). Bagaimana Hubungannya antara Adab Peserta Didik dengan
Pembentukan Kepribadian Muslim ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu
pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji kitab al-Tibya>n fi}A>da>bi
Hamalati al-Qur’an karya Imam Al-Nawawi. Dalam penelitian ini metode
analisis data yang penulis gunakan yaitu metode deskripsi ekploratif.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Adab peserta didik
dalam hal niat menuntut ilmu dalam mencari ridha Allah semata, yang bertujuan
untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Secara fokus menjauhi perbuatan dosa dan
maksiat, kemudian adab seorang murid ditunjukan dalam sikap tawadhu’ kepada
gurunya, meminta nasihat secara baik, belajar dengan sungguh-sungguh,
menghomati serta memulnyakan, memint izin ketika hendak masuk atau
meninggalkan kelas, tidak banyak bicara saat kegiatan pembelajaran, senantiasa
memahami kondisi guru, selalu bersabar dengan sikap guru, bersih jasmani dan
rohani, menghormati sesama teman serta menjaga komunikasi yang baik,
mempunya semangat, belajar di waktu yang tepat, dan meninggalkan sifat hasad.
2) Hubungan antara Adab Peserta Didik dengan Pembentukan Kepribadian
Muslim dapat mennunjukkan tonggak-tonggak perkembangan yang benar-benar
mempunyai hubungan dan peran penting yang mana peserta didik yang selalu
menerapkan adab dalam kehidupan sehari-hari maka, dalam jiwa peserta didik
akan tumbuh kesadaran taat kepada Allah SWT. dengan begitu akan terwujudnya
kepribadian yang syari`at.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD NURDIN
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:37
Last Modified: 13 Nov 2019 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item