Pengembangan Kurikulum Pembelajaran DIPLOMA 1 Teknologi Informasi dan Komunikasi “PRODISTIK” (Studi Kasus MAN 1 PONOROGO tahun ajaran 2018/2019)

Ridholoh, M. Evan (2019) Pengembangan Kurikulum Pembelajaran DIPLOMA 1 Teknologi Informasi dan Komunikasi “PRODISTIK” (Studi Kasus MAN 1 PONOROGO tahun ajaran 2018/2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210314338 MUHAMAD EVAN R .pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muhamad Evan R. 2019. PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN DIPLOMA 1 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI “PRODISTIK” (Studi Kasus MAN 1 PONOROGO tahun ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing, Dr. Ahmadi, M.Ag.

Kata kunci: Pengembangan Kurikulum , Pembelajaran Prodistik
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pendidikan teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer (TIK), pendidikan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada bidang teknologi dan komunikasi berbasis jaringan komputer dari sini terbentuk PRODISTIK ( Program D1 Teknologi Informasi dan Komunikasi ) yang di prakarsai oleh perguruan tinggi ITS Surabaya yang mengajak sekolah-sekolah khususnya MA dan MAN untuk bergabung dan berpartisipasi dalam bidang TIK, yang di zaman modern ini sangat di butuhkan agar mampu bersaing dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi dengan sekolah seperti SMA dan STM yang notabene di unggulkan dalam berbagai bidang, prodistik ini bertujuan membangun MA dan MAN yang di Jawa Timur dalam segi teknologi komputer dalam system pendidikan agar mampu dan tidak dinomor duakan dalam bidang teknologinya salah satu sekolahan yang ikut dalam program prodistik ini adalah MAN 1 Ponorogo

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Dan sumber data primer yang digunakan adalah sumber data lapangan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data interview (wawancara) dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder, penulis menggunakan dari buku-buku yang berkaitan secara langsung dengan pembahasan skripsi ini.. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah pengembangan kurikulum pembelajaran prodistik.

Penelitian bertujuan untuk : (1) perencanaan program pembelajaran prodistik di MAN 1 Ponorogo. (2) pelaksanaan pembelajaran program prodistik di MAN 1 Ponorogo. (3) evaluasi program pembelajaran Prodistik MAN 1 Ponorogo.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan prodistik di MAN 1 Ponorogo telah sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh pihak ITS Surabaya (2). Pelaksanaan pengajaran dilakukan dalam bentuk perkuliahan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, belajar kelompok, mandiri, tugas dan praktek. Untuk pembelajaran menggunakan kurikulum yang telah di berikan oleh ITS Surabaya (3). Evaluasi dilakukan dengan 2 cara yaitu secara langsung yaitu dengan pihak ITS terjun ke MAN 1 Ponorogo dan tidak langsung dengan cara pihak MAN 1 Ponorogo mengirim pesan dari hasil evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan kurikulum prodistik selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:01
Last Modified: 12 Nov 2019 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item