Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas II SDN 2 Somoroto Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015)

Istiyah, Istiyah (2015) Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas II SDN 2 Somoroto Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PGMI04 istiyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menantang, sehingga memunculkan motivasi bagi siswa-siswi untuk aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dari berbagai macam metode pembelajaran di antaranya adalah metode demonstrasi. sebuah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari. baik sebenarnya ataupun tiruan yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Dengan demonstrasi, proses penerimaan siswa-siswi terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna.
Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: 1) Apakah penerapan metode demonstrasi dapat menigkatkan kemampuan mengamati siswa/siswi ketika mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi tata cara shalat di SDN 2 Somoroto kelas II semester genap Tahun Ajaran 2014/2015?, 2) Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa/siswi dalam mempraktikkan tata cara shalat pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SDN 2 Somoroto kelas II semester genap Tahun Ajaran 2014/2015?, 3) Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa/siswi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi tata cara shalat di SDN 2 Somoroto kelas II semester genap Tahun Ajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Obyek penelitian adalah siswa-siswi kelas II SDN 2 Somoroto Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan saintifik (pendekatan ilmiah) yang terbagi dalam dua siklus dengan tahapan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). kemampuan mengamati siswa siswi pada siklus I sebesar 55%, pada siklus II meningkat menjadi sebesar 91%, 2) kemampuan mempraktikkan pada siklus I sebesar 61%, pada siklus II meningkat menjadi 94%, 3) hasil belajar siswa-iswi pada siklus I sebesar 55%, pada siklus II meningkat menjadi 97%. Dengan demikian penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, terutama materi shalat. karena metode demonstrasi menjelaskan materi secara konkret dan lebih jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Harjali, M. Pd
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pgmi ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:55
Last Modified: 30 Jun 2015 04:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item