kompetensi pedagogik guru paud dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini (studi kasus di ra muslimat nu 034 surodikraman ponorogo)

Ranikasari, Sohha Rofia (2019) kompetensi pedagogik guru paud dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini (studi kasus di ra muslimat nu 034 surodikraman ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211115023_SOHHA_ROFIA_R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rofia Ranikasari, Sohha. 2019 Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengevaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 034 Surodikraman Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Evi muafiah, M.Ag.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Prosedur Evaluasi Pembelajaran
Kompetensi merupakan kumpulan pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan yang salah satunya adalah evaluasi pembelajaran. Di RA muslimat NU 034 Surodikraman Ponorogo guru melakukan evaluasi pembelajaran belum sesuai dengan prosedurnya. Walaupun para guru melakuakn evaluasi tetapi mereka tidak memakai pedoman yang sudah ditetapkan melainkan dengan mengira-ngira saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui guru menyusun alat penilaian dalam mengevaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 034 Surodikraman Ponorogo, mengetahui guru melaksanakan penilaian dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini di RA Muslimat NU 034 Surodikraman Ponorogo, untuk mengetahui guru menganalisis hasil penilaian dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini di RA Muslimat 034 Surodikraman ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentsi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah bahwa guru PAUD dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini di RA Muslimat NU 034 Surodikraman Ponorogo telah melakuakn lima tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan hasil belajar, tahap pengarsipan, dan tahap pelaporan. Dalam perencanaan RA Muslimat membuat RPPH terlebih dahulu, menetapkan alat dan kriteria penilaian, dn menentukan indicator pencapaian anak dengan waktu dan tempat yang tepat. Dalam pelaksanaan, penilaian yang dilaksanakan di RA Muslimat NU 034 Surodikraman Ponorogo dilaksanakan berdasarkan deskripsi pertumbuhan dan perkembangan anak, melalui beberapa metode yaitu observasi, wawancara, berbagai penugasan, dan unjuk kerja. Pengolahan hasil belajar yang dilakukan dengan menggabungkan semua data yang diperoleh lalu melakukan pengarsipan yang merupakan kumpulan dari hasil penggabungan data anak yang berupa fortofolio untuk dilaporkan ke orang tua anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:04
Last Modified: 08 Nov 2019 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item