Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fiqih dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas X IPS di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018-2019

Fitriani, Ella Nur (2019) Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fiqih dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas X IPS di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ELLA NUR FITRIANI 210315187-converted.pdf

Download (912kB)

Abstract

Fitriani, Ella Nur. 2019. Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fiqih dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas X IPS di MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018-2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.JU’SUBAIDI, M.Ag.

Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, everyone is a teacher here

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa kurangnya keaktifan belajar dalam proses kegiatan pembelajaran fiqih ketika berlangsung didalam kelas. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang menarik, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqih. Oleh karena itu perlu adanya perubahan dari guru dalam mengajar dikelas agar siswa dapat merespon dengan aktif dan mampu memahami materi pelajaran fiqih dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran fiqih siswa kelas X IPS MA Putri Ma’arifPonorogo. (2)Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih siswa kelas X IPS MA Putri Ma’arifPonorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus difokuskan pada materi fiqih. Penelitian ini dilaksanakan di MA Putri Ma’arifPonorogo dengan subjek penelitian kelas X IPS.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan bahwa strategi Everyone is a Teacher Here mampu meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran fiqih, Hal ini dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan pada penelitian siklus I yaitu keaktifan dalam presentasi 69,23%, keaktifan dalam memberikan tanggapan 61,54%, dan keaktifan dalam bertanya 65,38%. Pada siklus II meningkat menjadi keaktifan dalam presentasi 92,30%, keaktifan dalam memberikan tanggapan 88,46%, dan keaktifan dalam bertanya 76,92%.
Sedangkan peningkatan pada hasil belajar yakni terjadi peningkatan yang signifikan pada penelitian siklus I, yaitu ketuntasan hasil belajar 57,69% meningkat pada siklus II menjadi 96,15%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 74,62, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa mencapai 96,92 yang berarti terjadi peningkatan yang sangat baik. Dengan demikian strategi Everyone is a Teacher Here dapat diterapkan dengan baik dalam proses pembelajaran Fiqih di kelas X IPS MA Putri Ma’arif Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 01:58
Last Modified: 08 Nov 2019 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item View Item