pengaruh pola asuh orang tua terhadap kreativitas menggambar siswa di sdn 2 mrican kecamatan jenangan kabupaten ponorogo tahun pelajaran 2018/2019

rohman, saiful (2019) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kreativitas menggambar siswa di sdn 2 mrican kecamatan jenangan kabupaten ponorogo tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI Saiful Rohman baru.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rohman, Saiful. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kreativitas Menggambar Siswa Di SDN 2 Mrican Kecamatan Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Instritut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M. Si.

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kreativitas Menggambar
Pada dasarnya setiap manusia telah dikaruniai potensi kreatif sejak dilahirkan. Dalam kegiatan pembelajaran SBdB di SDN 2 Mrican Kecamatan Jenangan siswa kurang berkreativitas dalam tugas yang diberikan, misalnya: ada siswa yang meniru gambar temanya. Kemudian ada beberapa orang tua murid yang menuntut anaknya mendapatkan nilai bagus, mereka terlalu mengawasi yang dilakukan anak. Ada juga orang tua murid yang bekerja di luar negeri dan menjadikan kurang memperhatikan pada pendidikan dan perkembangan anak. Berdasarkan dari fenomena di atas, peneliti tertarik untuk meneliti dan lebih mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kreativitas menggambar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pola asuh orang tua di SDN 2 Mrican, (2) untuk mengetahui kreativitas menggambar siswa di SDN 2 Mrican, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap kreativitas siswa di SDN 2 Mrican.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik kuisioner dan teknik dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis data mengunakan rumus regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Pola asuh orang tua di SDN 2 Mrican Jenangan Ponorogo termasuk pola asuhdemokratis. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkan prosentase tertinggi adalah pola asuh demokratis yaitu 22 siswa (55%). (2) kreativitas menggambar siswadi SDN 2 Mrican termasuk kategori cukup. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkan prosentase tertinggi adalah kategori cukup yaitu 17 siswa (42,5%). (3)Terdapat pengaruh yang signifikan dari pola asuh orang tua terhadap kreativitas menggambar siswa di SDN 2 Mrican Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini, diketahui dari hasil perhitungan yaitu Fhitung sebesar 5,071 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 4,10. Karena Fhitung> Ftabel, maka H0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kreativitas menggambar siswa. Kemudian diperoleh koefisien derteminasi sebesar sebesar 23,7% dengan perincian pola asuh otoriter sebesar 1.5%, pola asuh permisif sebesar 14,6% dan pola asuh demokratis sebesar 7,6%. Artinya variabilitas atau keragaman faktor pola asuh orang tua berpengaruh sebesar 23,7% terhadap kreativitas menggambar siswa dan 76,3% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam model ini

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: sofwan hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2019 05:02
Last Modified: 13 Nov 2019 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8222

Actions (login required)

View Item View Item