Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Jasmani Di RA Muslimat NU 026 Patihan Wetan Ponorogo

Nurfadillah, Putri (2019) Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Jasmani Di RA Muslimat NU 026 Patihan Wetan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurfadillah, Putri. 2019. Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini melalui Pendidikan Jasmani di RA Muslimat NU 026 Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia Dini, Pendidikan Jasmani
Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan manusia untuk menggerakkan alat-alat tubuh sesuai dengan fungsinya, bahkan mampu mengolah gerakan tubuh yang menarik, merupakan kemampuan yang dihasilkan oleh kecerdasan gerak tubuh. Kecerdasan gerak tubuh ini dibutuhkan manusia dalam kegiatan sehari-hari, baik untuk olahraga, bekerja, santai dan lain-lain. Salah satu strategi peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia dini adalah melalui pendidikan jasmani. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di RA Muslimat NU 026 Patihan Wetan Ponorogo, ada yang sudah bagus dalam hal kecerdasan kinestetiknya, namun masih ada beberapa anak yang kurang dalam kecerdasan kinestetiknya.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana profil dari kecerdasan kinestetik anak usia dini di RA Muslimat NU 026 Patihan Wetan Ponorogo; 2) untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui pendidikan jasmani di RA Muslimat NU 026 Patihan Wetan Ponorogo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Profil kecerdasan kinestetik anak usia dini, dengan indikator sebagai berikut: (a) anak mampu, untuk melakukan gerakan berjalan dengan variasi seperti berjalan maju, mundur dan menyamping. (b) rata-rata anak mampu tetapi ada yang belum mampu, yakni: untuk menendang bola, menangkap bola dan melempar bola, senam dengan gerakan, melompat dengan satu kaki atau dua kaki secara bervariasi, mendemonstrasikan keseimbangan, keanggunan, keterampilan dan ketelitian dalam tugas-tugas fisik dan kemampuan gerakan motorik halus dan kasar, memiliki kegemaran dalam bidang olahraga atau olah tubuh. (c) anak belum mampu, menemukan pendekatan baru dalam kemampuan fisik atau menciptakan bentuk-bentuk baru dalam berolahraga atau kegiatan fisik lainnya. (2) strategi meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di RA Muslimat NU 026 Patihan Wetan Ponorogo yakni: pendidikan jasmani, respon tubuh, konsep kinestetik dan game yang kooperatif dan kompetitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Nov 2019 08:28
Last Modified: 05 Nov 2019 08:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item