Upaya Meningkatkan motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar pada Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Inquiry Bagi Siswa Kelas V SDN 2 Selur Ngrayun Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019

Fardani, Muhammad Alda Afrizal (2019) Upaya Meningkatkan motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar pada Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Inquiry Bagi Siswa Kelas V SDN 2 Selur Ngrayun Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210615164 MUHAMMAD ALDA AFRIZAL FARDANI.pdf

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK

Fardani, Muhammad Alda Afrizal. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Pada Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Inquiry Bagi Siswa Kelas V SDN 2 Selur Ngrayun Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019, Jurusan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr, Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Inquriry Learning, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masih lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran siswa kurang didorong untuk mengembangkan keterampilan berfikir. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, siswa terbiasa untuk mengingat dan menimbun informasi siswa terbiasa untuk mengingat dan menimbun informasi, tanpa berusaha untuk menghubungkan yang diingat itu dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang timbul pada siswa siswi kelas V SDN 2 Selur adalah kurangnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar pun kurang. Selain itu penyebab anak kurang termotivasi untuk belajar yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar. Perlu adanya inovasi guru untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar pada pelajaran IPA menggunakan model pembelajarn Inquiry Learning di kelas V SD Negeri 2 Selur Ngrayun tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas yang berbasis siklus pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN 2 Selur Ngrayun dengan subyek penelitian siswa kelas V sejumlah 24 anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, agar mencapai kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian, tindakan siklus dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data penelitian melalui deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Dari hasil perolehan skor total motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 2 Selur Ngrayun dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning mengalami peningkatan secara signifikan. Peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar dapat dibuktikan dari perolehan skor total dari siklus I ke siklus II. Perolehan skor total motivasi belajar siklus I 2,01, dalam kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 2,40, dalam kategori tinggi. Sedangkan keaktifan belajar perolehan skor total siklus I 2,04, dalam kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 2,89, dalam kategori tinggi.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 2 Selur Ngrayun Tahun Ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Nov 2019 04:33
Last Modified: 05 Nov 2019 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item