penggunaan media pembelajaran think pair share pada mata pelajaran bahasa indonesia sebagai upaya meningkatkan berpikir kritis siswa kelas 1 di sdn 1 nologaten, ponorogo.

Yusti, Yusti (2019) penggunaan media pembelajaran think pair share pada mata pelajaran bahasa indonesia sebagai upaya meningkatkan berpikir kritis siswa kelas 1 di sdn 1 nologaten, ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210615061 YUSTI ULAN DARI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari, Yusti Ulan. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 1 SDN Nologaten, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hj. Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: berpikir kritis, think pair share
Pada saat proses pembelajaran, siswa dituntut untuk berpikir dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan pelajaran atau memahami pelajaran. Diharapkan siswa dalam proses pembelajaran tidak kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dan memahami pembelajaran di kelas. Selain itu, dalam proses pembelajaran cara yang dilakukan guru dalam memahamkan siswa, yaitu dengan mengajak siswa untuk berpikir kritis, bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan dalam pembelajaran dan memberikan pemahaman pada pembelajaran dengan baik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran think pair share pada pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada kelas 1 di SDN 1 Nologaten, Ponorogo tahun pejaran 2018/2019?.” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberhasilan penggunaan model pembelajaran think pair share pada pelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada kelas 1 di SDN 1 Nologaten, Ponorogo Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan setting subjek penelitian di SDN 1 Nologaten, Ponorogo di kelas 1 yang bejumlah 19 siswa. Prosedur
3
pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti melakukan tiga siklus dalam penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada persentase siklus I hasil belajar siswa yang tuntas 10 siswa yakni 52,63%, perlunya diadakan siklus II dikarenakan masih ada siswa yang ramai sendiri dan kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas berjumlah 14 siswa dengan persentase 73,68%, maka diperlukan perbaikan siklus III. Pada siklus III sudah dikatakan tuntas berjumlah 18 siswa dengan persentase sebesar 94,73%, peneliti dapat mengelola pembelajaran dengan baik, mengondisikan dan mengajak siswa berpartisipasi pada proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa tiap siklus mengalami peningkatan sebesar 21,05%. Jadi, dari hasil pengamatan tersebut menunjukkan bahwa berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran think pair share. Hal ini diwujudkan dengan respon siswa dengan baik merasa senang dan sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:28
Last Modified: 04 Nov 2019 07:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8188

Actions (login required)

View Item View Item