Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Jam Terakhir di Madrasah Ibtidaiyah Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo

Munasir, Munasir (2019) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Jam Terakhir di Madrasah Ibtidaiyah Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
FILE MUNASIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Munasir.2019. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Jam Terakhir di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Faninda Novika Pertiwi, M.Pd..
Kata Kunci: Upaya Guru, Minat Belajar
Prestasi belajar siswa merupakan output dari proses belajar, dengan demikian faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar juga langsung memengaruhi prestasi belajar. Sepanjang masa kanak-kanak minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Kegiatan pembelajaran di sekolah pada jam terakhir yaitu pukul 11.00 WIB ke atas, biasanya suasana kelas kurang kondusif. Hal itu karena energi siswa sudah terkuras dari pagi, apalagi jika pada pagi harinya ada jam olahraga, sudah bisa dipastikan banyak yang mengantuk di kelas, tidak fokus pada pelajaran dan sebagainya. hal ini berakibat proses pembelajaran tidak bisa berjalan efektif karena tidak adanya keaktifan siswa dalam proses belajar. Guru di MI Mamba’ul Huda Ngabar mempunyai upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa di jam terakhir.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada jam terakhir di MI Mamba’ul huda Ngabar Ponorogo. Upaya yang dilakukan guru yaitu dari aspek strategi dan media pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Serta menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi : reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari analisis penelitian dapat disimpulkan: (1) Upaya guru MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo dalam meningkatkan minat belajar pada jam terakhir dari aspek strategi, yaitu menggunakan strategi yang menarik yaitu debat kelompok, membuat pembelajaran yang menyenangkan dengan diskusi dan jigsaw, menyesuaikan strategi dengan materi, menegur siswa yang tidak memperhatikan materi, strategi yang mengajak siswa aktif dengan mengajak siswa bermain kartu soal, membuat siswa takut jika tidak memperhatikan serta menjadikan satu kelompok antara siswa yang aktif dengan siswa yang kurang aktif. Sehingga dengan upaya yang dilakukan guru, dapat membantu siswa dalam mencapai hasil belajar yang baik dan memuaskan. (2) Upaya guru di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo dalam meningkatkan minat belajar pada jam terakhir dari aspek media diantaranya memanfaatkan media yang tersedia di kelas yaitu kertas kosong yang diubah menjadi kartu soal, mempersiapkan media sebelum masuk kelas yang di bawa dari rumah yaitu media gambar, memakai media untuk mengulang materi, memakai media yang menarik, serta memanfaatkan media untuk mempermudah saat menyampaikan materi. Memilih media untuk pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan taraf berpikir siswa, sehingga makna terkandung di dalamnya dapat dipahami oleh siswa contohnya menggunakan media gambar dan poster. Kehadiran media dalam proses pengajaran jangan dipaksakan sehingga mempersulit tugas guru, tapi harus sebaliknya, yakni mempermudah guru dalam menjelaskan bahan pengajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:20
Last Modified: 05 Nov 2019 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item View Item