Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepribadian Siswa Kelas VIII SMPN 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019

Roturrohmah, Fith (2019) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepribadian Siswa Kelas VIII SMPN 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210315093 FITH ROTURROHMAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Roturrohmah, Fith. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepribadian Siswa Kelas VIII SMPN 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Kepribadian Siswa
Kepribadian atau personality berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu dari kata persona yang berarti topeng. Topeng mewakili ciri kepribadian sosok tertentu. Ciri khas tersebut meliputi tingkah laku, cara berfikir, perasaan, gerak hati, usaha, kesempatan, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Fakta dilapangan menujukkan bahwa sebagian siswa kelas VIII SMP Negeri Ponorogo menunjukkan kepribadian yang kurang. Masih ada siswa yang belum bisa melaksanakan aturan yang ada disekolah, seperti ada anak yang terlambat, mengantuk dalam pembelajaran, malas, celometan, ketika tidak ada guru didalam kelas masih ada siswa yang ada di luar kelas. Kepribadian dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah. Pola asuh orang tua diidentifikasi melalui adanya perhatian orang tua dalam mengasuh dan menjalin hubungan interpersonal dengan anak disadari adanya perhatian, penghargaan dan kasih sayang. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga yang bersifat formal, karena sekolah memiliki program yang telah direncanakan dan telah ditetapkan secara resmi. Sekolah memegang peran penting dalam pendidikan karena pengaruhnya sangat besar pada jiwa anak.
Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap kepribadian siswa kelas VIII SMP Negeri Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. (2) Menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa kelas VIII SMP Negeri Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. (3) Menjelaskan pengaruh antara pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap kepribadian siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII Ponorogo SMP Negeri 4 berjumlah 50 dari 251 siswa. Penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi sederhana dan ganda.
Hasil analisis menunjukkan: (1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kepribadian siswa yang diperoleh Fhitung = 10,010 > Ftabel = 0,04 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 17,3% sedangkan 82,7% dipengaruhi faktor yang tidak termasuk dalam penelitian. (2) Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa yang diperoleh Fhitung = 12,752> Ftabel =0,04 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 21% sedangkan 79% dipengaruhi faktor yang tidak termasuk dalam penelitian. (3) Ada pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa yang diperoleh Fhitung = 9, 602 > Ftabel = 3,19 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 29% sedangkan 71% dipengaruhi oleh faktor tidak termasuk dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2019 08:07
Last Modified: 01 Nov 2019 08:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item