pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen (studi kasus toko cahaya murah kecamatan jenangan)

RahmawatI, Yosin (2019) pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen (studi kasus toko cahaya murah kecamatan jenangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
etheses yosin 2.pdf

Download (854kB)

Abstract

Yosin Rahmawati, 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus di Toko Cahaya Murah Kecamatan Jenangan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat, M.A.

Kata Kunci: Theory planned of behavior, Konsumen, Penjualan

Theory planned of behavior menerangkan bahwa perilaku seseorang akan muncul karena adanya niat untuk berperilaku. Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya. Mengidentifikasi pasar sasaran atau konsumen dengan bantuan bauran pemasaran akan mempermudah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Sedangkan minat beli adalah sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Dengan adanya minat beli konsumen maka akan tumbuh keinginan dari konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen di toko Cahaya Murah?, Apakah harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen di toko Cahaya Murah?, Apakah lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen di toko Cahaya Murah?, Apakah promosi berpengaruh terhadap minat beli konsumen di toko Cahaya Murah?, Apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap minat beli konsumen di toko Cahaya Murah?.

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian dengan metode penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan kuesioner yakni penyebaran angket kepada konsumen toko Cahaya Murah. Analisis data yang digunakan adalah model regresi linear berganda dengan program SPSS.

Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa variabel produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Sedangkan variabel harga, lokasi dan promosi tidak berpengaruh terhadap minat beli. Tetapi, secara simultan produk, harga, lokasi dan promosi (bauran pemasaran) berpengaruh terhadap minat beli yang memiliki nilai Fhitung > Ftabel atau 5,805 > 2,490 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:56
Last Modified: 04 Nov 2019 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8166

Actions (login required)

View Item View Item