implementasi pendidikan karakter di pondok modern darussalam gontor ponorogo

atikah, iif (2019) implementasi pendidikan karakter di pondok modern darussalam gontor ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
uploadan IIF ATIKAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Atikah, Iif, 2019. Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Tesis, Manajemen Pendidikan Islam, Program Magister, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Penasihat: Dr. Moh. Munir, M.Ag.

Kata kunci: Pendidikan karakter, Pondok Modern
Salah satu program 100 hari dari Departemen Pendidikan Nasional adalah pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter menjadi isu utama dalam pengembangan pendidikan nasional dan diharapkan menjadi landasan utama bagi keberhasilan Indonesia Emas 2025. Sebagai lembaga pendidikan asli Indonesia, pesantren telah diakui perannya dalam pelaksanaan pendidikan karakter di mana tiga pilar pendidikan yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat dikumpulkan sekaligus dalam satu wadah yaitu lingkungan pesantren, di mana efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter dapat berjalan dengan baik. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor telah menerapkan pendidikan karakter sejak awal berdirinya. Keunikan ini mendorong peneliti untuk mempelajari tentang penerapan proses pendidikan karakter yang bertujuan untuk memahami: (1) bagaimana model pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Gontor Darussalam; (2) bagaimana strategi pendidikan karakter dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Gontor Darussalam; (3) apa implikasi pendidikan karakter terhadap alumni.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan dalam mengumpulkan data penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubberman.
Temuan penelitian menyatakan: (1) proses pendidikan karakter di Gontor berdasarkan nilai-nilai dasar yang disebut Panca Jiwa mereka adalah ketulusan, kesederhanaan, kemandirian, persaudaraan, dan kebebasan. Dengan karakteristik khas Gontor, proses penerapan pendidikan karakter berjalan dengan baik. Pendidikan karakter Gontor tidak didasarkan pada pendapat para ahli, tetapi lebih pada pengalaman dan visi Trimurti untuk mempersiapkan kader pemimpin masyarakat. (2) strategi yang digunakan dalam dua cara, akademik dan non-akademik dengan metode teladan, lingkungan yang diciptakan, arah, pembiasaan, penugasan, disiplin, hukuman dan evaluasi berkelanjutan. (3) Pendidikan karakter gaya Gontor telah mencetak banyak alumni yang mengambil bagian di tingkat nasional bahkan internasional dengan berbagai karakteristik yang berbeda tetapi mereka dipersatukan dengan "ibu" yang sama, yang disebut Gontor.
Berdasarkan temuan, peneliti memberikan saran: (1) diperlukan untuk mengonseptualisasi pemikiran pendidikan K.H Imam Zarkasyi sebagai bahan untuk proses sosialisasi bagi guru dan siswa. (2) diperlukan database alumni dan kegiatan mereka di komunitas mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: moh. munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:52
Last Modified: 04 Nov 2019 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item