Implementasi Pendidikan Btq Dengan Metode Qiroati Di Mi Al-Huda Ploso Pacitan

Ghozali, M. Fatkhur (2019) Implementasi Pendidikan Btq Dengan Metode Qiroati Di Mi Al-Huda Ploso Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI M. FATKHUR GHOZALI.pdf

Download (848kB)

Abstract

ABSTRAK
Ghozali,.M.Fatkhur 2019. Implementasi pendidikan BTQ
dengan metode qiroati di MI Al-Huda Ploso
Paitan.Skripsi. Program studi pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Intitud Agama Islam Negeri Ponorogo
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Widda Djuhan,
M.Si.
Kata Kunci: Implemntasi pendidikan BTQ, metode
Qiroati.
Suatu kenyataan bahwa untuk mencapai tujuan
dalam suatu pembelajaran, tidak lepas dari sistem dan model
yang diterapkan dalam menyampaikan suatu materi, tidak
terkecuali pembelajaran al-Qur'an. Penerapan metode
pendidikan yang ideal dalam proses pembelajaran tidak
sekedar menjadi penting bagi pengembangan kreativitas
anak didik, tetapi juga sangat menentukan terhadap masa
depan pendidikan kita.
Berdasarkan latar belakang diatas maka Rumusan
Masalah diatas adalah : (1) Bagaimana Pelaksanaan
pendidikan (BTQ) dengan metode Qiraati ? (2). Apa
kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan
(BTQ) dengan metode Qiraati ? (3). Apa Dampak dari
Pelaksanaan pendidikan (BTQ) dengan metode Qiraati ?.
Dari Rumusan Masalah diatas maka Tujuan Penelitian ini
adalah; (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan
pendidikan (BTQ) dengan metode qiroati, (2) Untuk
mendeskripsikan apa kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan pelaksanaan pendidikan (BTQ) dengan
merode qiroati, (3) Untuk mendeskripsikandampak dalam
pelaksanaan pendidikan (BTQ) dengan metode qiroati, di
MI Al-Huda Ploso Pacitan tahun pelajaran 2018/2019
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang
dilaksanakan di MI Al-Huda Ploso Pacitan pada bulan
3
Februari sampai April 2019. Subjek penelitian ini adalah
guru pembinaan BTQ MI Al-Huda Ploso Pacitan dan
didukung para informasi yang terdiri dari kepala madrasah,
kepala tata usaha, wakil kepala bagian kurikulum,
koordinator pembelajaran BTQ, guru BP/BK, pengelola
perpustakaan, dan peserta didik kelas empat MI Al-Huda
Ploso Pacitan.
Metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, Triangulasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan model Reduksi, Penyajian Data,
dan Menarik Kesimpulan atau Varifakasi. Uji keabsahan
data menggunakan kesohihan (validitas) dan keandalan
(reabilitas). Teknik analisis data yang meliputi analisis yaitu
selama dan setelah pengumpulan data.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan
pendidikan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) di MI Al-Huda
Ploso Pacitan tahun pelajaran 2019/2020 dideskripsikan
sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pendidikan BTQ dengan
metode Qiraati ada 3 langkah kegiatan yaitu klasikal,
individual, dan Klasikal baca simak. Klasikal yaitu guru
menyampaikan materi yang akan diajarkan. Individual
yaitumurid maju satu persatu kepada gurunya. Klasikal
baca simak yaitu guru membaca setelah itu menyimak siswa
yang sedang membaca. (2) Adapun kedala yang dihadapi
yaitu adanya faktor yang menghambat dalam metode
pengajaran Qiroati di Mi al-Huda Ploso Pacitan dapat dilihat
dari santri meliputi latar belakang yang berbeda, adanya
santri yang malas belajar, dari segi Ustadz/ustadzah masih
ada ustadz dan ustadzah yang terlambat masuk sekolah,, dan
sarana prasarana yang masih belum memadai.(3) Dampak
dari implementasi metode qiroati di MI Al-Huda antara lain
siswa mampu menghafal surat alquran juz 30, membaca
alqur’an dengan fasih dan benar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2019 01:37
Last Modified: 01 Nov 2019 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8148

Actions (login required)

View Item View Item