Perbedaan Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Di MI Ma'ahadul Muta'allimin Sekaralas Widodaren Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019

Zahro, Siti Nur (2019) Perbedaan Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Di MI Ma'ahadul Muta'allimin Sekaralas Widodaren Ngawi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zahro, Siti Nur. 2019. Penggunaa Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Di MI Ma’hadul Muta’allimin Sekaralas Widodaren Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Media Flashcard, Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris.
Media pembelajaran merupakan hal yang dipersiapkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Di MI Ma’hadul Muta’allimin Ngawi terutama di kelas IV A terdapat kendala saat proses pembelajaran bahasa Inggris. Guru perlu menggunakan media, tapi kenyataanya guru melaksanakan proses pembelajaran belum menerapkan media. Indikasi rendahnya penguasaan siswa terlihat saat proses pembelajaran berlangsung. Beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami kosakata, beberapa siswa terlihat sibuk sendiri dan kurang memerhatikan pembelajaran. Karena hal tersebut, peneliti menggunakan media flashcard sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan efektivitas penguasaan kosakata siswa yang diajar menggunakan media flashcard terhadap mata pelajaran bahasa Inggris, (2) mengetahui perbedaan efektivitas penguasaan kosakata siswa yang diajar tanpa menggunakan media flashcard terhadap mata pelajaran bahasa Inggris, (3) mengetahui tingkat perbedaan yang signifikasi pada perbedaan efektivitas penguasaan kosakata siswa yang diajar menggunakan media flashcard dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media flashcard terhadap mata pelajaran bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian true eksperimen dengan desain control-group posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV MI Ma’hadul Muta’allimin. Sample dipilih secara purposive sampling berdasarkan pengamatan di MI Ma’hadul Muta’allimin yakni kelas IVA yang memiliki peningkatan penguasaan kosakata yang kurang maksimal. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis sedangkan analisis yang digunakan adalah uji t.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penguasaan kosakata siswa kelas IV menggunakan media flashcard memiliki nilai rata-rata 84,89 (2) penguasaan kosakata siswa kelas IV yang tidak menggunakan media flashcard memiliki nilai rata-rata 74,44 (3) Ada perbedaan yang signifikan terhadap perbedaan efektivitas penggunaan media flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikasi nilai t0 > ttabel (3,373 > 2,03) sehingga H0 tidak diterima dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata menggunakan media flashcard lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan media flashcard.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOFWAN HADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Oct 2019 08:34
Last Modified: 29 Oct 2019 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item