Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Amelia Karya Tere-Liye dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Azizah, Binti Mutingatul Khoirotil (2019) Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Amelia Karya Tere-Liye dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
A5 REVISI GABUNGAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK


Azizah, Binti Mutingatul Khoirotil. 2019. Nilai-Nilai Karakter dalam Novel Amelia karya Tere-Liye dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Relevansi, Siswa Madrasah Ibtidaiyah.

Seiring dengan perkembangan ilmu pendidikan, pengetahuan, dan teknologi, pendidikan mengalami pergeseran paradigma. Pendidikan yang selama ini terbatas di kelas terjadi di luar kelas melalui media pendidikan lain, baik media massa, media cetak maupun media elektronik. Banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang dapat menginspirasi lahirnya sebuah karya sastra yang akhirnya dijadikan sebagai media menyampaikan aspirasi, gagasan, ide, atau nasihat (petuah). Salah satunya novel karya Tere Liye yang berjudul Amelia. Novel Amelia ini banyak memuat tentang pendidikan karakter.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Amelia karya Tere-Liye. Teknik pengumpulan datanya dengan cara editing, organizing, dan penemuan hasil. Adapun metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis isi laten dan isi komunikasi, isi laten, yaitu isi yang terkandung dalam dokumen dan naskah sedangkan isi komunikasi, isi sebagaimana terwujud dalam hubungan naskah dengan konsumen.
Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan hasilnya sebagai berikut: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Amelia karya Tere-Liye, yaitu (a) nilai religius, (b) nilai toleransi, (c) nilai kedisplinan, (d) nilai peduli sesama, (e) nilai peduli lingkungan, (f) nilai bersahabat, (g) nilai jujur, (h) nilai tanggung jawab, (i) nilai kreatif, (j) nilai ketegasan, (k) nilai semangat kebangsaan, (l) nilai cinta tanah air, (m) nilai menghargai prestasi, (n) nilai rasa ingin tahu, (o) nilai demokrasi, (p) kerja keras, (q) gemar membaca, (r) mandiri, (s) cintai damai. 2) Relevansi pendidikan karakter novel Amelia karya Tere-Liye bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah meliputi, tiga fungsi, yaitu fungsi spiritual, fungsi psikologis, dan fungsi sosial. Fungsi spiritual adalah fungsi yang berkaitan dengan agama yaitu nilai religius. Selanjutnya, fungsi psikologis adalah fungsi yang berkaitan dengan jiwa yaitu disiplin, menghargai prestasi, demokrasi, cinta damai, jujur, kreatif, gemar membaca, semangat kebangsaan, rasa ingin tahu, bersahabat, dan sabar. Terakhir, fungsi sosial adalah fungsi yang berkaitan dengan masyarakat dan lingkungan yaitu peduli terhadap sesama, peduli lingkungan, toleransi, dan cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Oct 2019 08:36
Last Modified: 29 Oct 2019 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8134

Actions (login required)

View Item View Item