Strategi Koperasi Siswa Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Man 2 Ponorogo

HIDAYATULLOH, NANDHA ROSYID (2019) Strategi Koperasi Siswa Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Man 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPLOAD FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hidayatulloh, Nandha Rosyid. 2019. Strategi Koperasi Siswa dalam
membentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa di MAN 2 Ponorogo.
Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing,
Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Koperasi Siswa, Strategi, Karakter.
Strategi diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang atau
organisasi untuk sampai pada tujuan.strategi merupakan suatu susunan yang harus
dijalani oleh seseorang atau organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Koperasi adalah sebuah lembaga ekonomi dan merupakan wadah kerjasama yang
dibentuk oleh dan untuk anggota terdiri dari orang-orang yang memiliki
kepentingan yang sama. Fungsi koperasi yaitu membangun dan mengembangkan
potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya sehingga menjadi
orang yang memiliki potensi serta kemampuan ekonomi yang baik.. Pendidikan
karakter dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir,
penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengalaman jati dirinya. Oleh karena itu,
penanaman pendidikan karakter tidak sekadar mentrasfer ilmu pengetahuan atau
melatih suatu keterampilan tertentu.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk
mengetahui pengelolaan koperasi siswa di MAN 2 Ponorogo, (2) Untuk
mengetahui strategi membentuk karakter tanggung jawab melalui koperasi siswa,
(3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan pengahanbat diadakannya koperasi
siswa di MAN 2 Ponororgo
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengelolaan koperasi siswa di
MAN 2 Ponorogo ini memegang nilai kekeluargaan yang dimana koperasi ini
milik siswa serta untuk siswa itu sendiri , (2) Koperasi siswa di Madrasah Aliyah
Negeri 2 Ponorogo ini melibatkan para siswa di dalamnya, sehingga siswa
tersebut akan terbiasa terlatih bertanggung jawab dengan strategi mengelola
bersama dan membiasakan siswa mengambil barang sendiri serta membayar
sendiri, (3) Faktor Pendukung diadakannya Koperasi siswa tersebut datang dari
kepala madarasah, bapak ibu guru pendidik serta para siswa itu sendiri, sedangkan
untuk faktor pengahambatanya tidak menemui hambatan yang berarti karena
dalam pelaksanaannya tidak terlalu mengekang siswa yang terlibat pada koperasi
siswa tersebut. Meskipun menanamkan sebuah karakter itu tidak mudah tetapi
dengan dilibatkannya siswa dalam pengelolaan koperasi tersebut siswa akan
belajar dan terbiasa bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Oct 2019 00:47
Last Modified: 29 Oct 2019 00:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8125

Actions (login required)

View Item View Item