Pelaksanaan Program Diniyah di SDN Prambon Dagangan Madiun

Fatmawati, Peni (2019) Pelaksanaan Program Diniyah di SDN Prambon Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi upload perpustakaan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fatmawati, Peni. 2019. Pelaksanaan Program Diniyah Di
SDN Prambon Dagangan Madiun.Skripsi.Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo.Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri,
M.A.
Kata Kunci: Program dan Madrasah diniyah
Salah satu faktor dilaksanakannya program diniyah
di SDN Prambon Dagangan Madiun adalah dalam rangka
memberi pembekalan pada siswa-siswi SDN Prambon
terkait pembelajaran agama Islam secara lebih mendalam,
karena tuntutan perkembangan zaman maka dari
dilaksanakannya program diniyah ini diharapkan agar siswasiswi
SDN Prambon dapat memiliki karakter Islami.Selain
itu program diniyah bertujuan untuk mengubah pandangan
masyarakat bahwa siswa-siswi SDN Prambon itu tidak
hanya pandai dalam pembelajaran umum saja, tetapi juga
pandai dalam pendidikan agama Islam seperti halnya anak
yang sekolah di madrasah ibtidaiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan
latar belakang dilaksanakannya program diniyah di SDN
Prambon Dagangan Madiun; (2) mendeskripsikan proses
pelaksanaan program diniyah di SDN Prambon Dagangan
Madiun; dan (3) mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan
program diniyah di SDN Prambon Dagangan Madiun.
Penelitian ini dilakukan di SDN Prambon Dagangan
Madiun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari
penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi,
dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang
viii
digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data,
display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar
belakang dilaksanakannya program diniyahberdasarkan
aspek filosofis mengacu pada visi SDN Prambon yaitu
terbentuknya manusia berakhlak mulia, berpengetahuan,
cerdas dan mandiri yang berdasarkan IMTAQ dan IPTEK
dapat diamati dariada siswa yang belum mampu menulis
tulisan arab dengan baik dan benar, siswa merasa kesulitan
dalam memahami dan merespon materi yang disampaikan
oleh guru, dan rasa ingin tahu siswa yang masih sangat
rendah. Berdasarkan aspek sosiologis ditandai dengan siswa
mulai menarik diri pada pergaulan sosial dengan
menjamurnya permainan game online dan kurang
terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang tua.
Berdasarkan aspek psikologis yaitu kurangnya penyaluran
bakat dan minat, kesempatan, cara belajar, dan motivasi
siswa. (2) Pada proses pelaksanaan program diniyahberawal
dari diterapkannya pembelajaran BTQ di sekolahan SDN
Prambon, kepala sekolah berinisiatif untuk melaksanakan
program diniyah sebagai ekstrakulikuler, melakukan
pengarahan pada guru yang mengampu pelaksanaan
program diniyah, merekrut guru baru, serta menimbang dan
menilai pelaksanaan program diniyah yang diterapkan. (3)
Hasil dari pelaksanaan program diniyah di SDN Prambon
adalah karakter siswa lebih sopan pada guru, sudah muncul
rasa toleransi dengan temannya, mereka bersikap disiplin
dengan datang tepat waktu ke sekolah, dan sudah banyak
menghafal kosa kata bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftachiul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:33
Last Modified: 28 Oct 2019 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8108

Actions (login required)

View Item View Item