Pengaruh Kualitas Produk Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teh Botol Sosro Pada Swalayan Mitra Kauman Sumoroto Ponorogo

Kresnawati, Erica Ayu (2019) Pengaruh Kualitas Produk Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teh Botol Sosro Pada Swalayan Mitra Kauman Sumoroto Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
erika[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Erica Ayu Kresnawati, NIM: 210715050, 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro pada Swalayan Mitra Kauman Sumoroto Ponorogo. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Susilawati, S.E., M.M
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk.
PT. Sinar Sosro merupakan produsen RTD pertama yang sudah berdiri sejak tahun 1940 dan salah satu perusahaan tertua sekaligus seagai perusahaan pelopor yang memproduksi minuman teh siap saji yang berbahan dasar teh wangi yaitu campuran teh hiaju dan melati. PT. Sinar Sosro memiliki beberapa produk salah satu yang menjadi unggulannya adalah Teh Botol Sosro. Dalam upaya untuk meningkatkan penjualan yang baik salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan kualitas produk dan diferensiasi produk. Oleh karena itu berbagai faktor yang mendukung kualitas produk dan diferensiasi produk harus diperhatikan demi memberikan konstribusi dalam mengambil keputusan pembelian pada konsumen. Perumusan masalah yang diambil sebagai berikut: 1) Apakah kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen teh botol sosro pada swalayan mitra kauman sumoroto ponorogo? 2) Apakah diferensiasi produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen teh botol sosro pada swalayan mitra kauman sumoroto ponorogo? 3) Apakah kualitas produk dan diferensiasi produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen teh botol sosro pada swalayan mitra kauman sumoroto ponorogo?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel sejumlah 100 responden pada pengunjung teh botol sosro di swalayan mitra kauman sumoroto ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh Fhitung = 87,696 > 3,09, maka H0 ditolak sehingga secara simultan ( bersama-sama) kualitas produk dan diferensiasi produk berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. 2) dari hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel kualitas produk sebesar 0,222, sedangkan ttabel sebesar 1,984 maka H0 diterima sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dan diferensiasi produk sebesar 9,874 sedangkan ttabel sebesar 1,984 maka H0 ditolak sehingga ada pengaruh yang signifikan antara diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian. 3) berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh kofisien kualitas produk 0,048 dan diferensiasi produk sebesar 0,572, hal ini membuktikan bahwa diferensiasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dibandingkan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:32
Last Modified: 18 Oct 2019 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item