peran guru pai dalam pembinaan karakter religius smk berbasis pondok pesantren (studi kasus peserta didik kelas x di smk pgri 2 ponorogo)

Al Fiyah, Laili (2019) peran guru pai dalam pembinaan karakter religius smk berbasis pondok pesantren (studi kasus peserta didik kelas x di smk pgri 2 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI LAILI AL FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al Fiyah, Laili. 2019. Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Religius SMK Berbasis Pondok Pesantren (Studi Kasus Peserta Didik Kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo).
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Lia Amalia, S.Ag., M.Si.

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Karakter Religius, SMK Berbasis Pondok Pesantren

Sekolah Menengah Kejuruan berbasis pondok pesantren merupakan model pendidikan masa depan untuk melahirkan tenaga-tenaga profesional yang memiliki karakter (religius dan moral), pengetahuan dan keterampilan. Maksud dan tujuan dari adanya penelitian ini merupakan sebagian besar seluruh guru terutama guru PAI kurang mengenal dan mengerti karakter dan kebiasaaan dari masing-masing peserta didik sehingga guru merasa kesulitan untuk melakukan pendekatan, mengontrol dan membimbing anak didiknya dan sebagai wujud antisipasi dari banyaknya kenakalan remaja, degradasi moral yang terjadi terutama pada anak-anak tingkat SMK, anak didik berasal dari latar belakang lulusan sekolah menengah pertama (SMP) berbasis keagamaan ataupun non keagamaan yang berbeda-beda serta pendalaman ilmu keagamaan mereka yang minim. Demi mengantisipasi beberapa permasalahan tersebut maka guru agama sebagai garda terdepan dalam pembinaan karakter religius peserta didik diharapkan mampu berperan aktif untuk menanamkan dan mengembangkan karakter religius peserta didiknya agar terhindar dari kenakalan remaja, degradasi moral, minimnya pendalaman ilmu keagamaan, dan membimbing anak didiknya untuk taat beribadah. Berdasarkan realita yang telah dipaparkan, dengan peran guru pendidikan agama Islam (PAI) diharapkan dapat mengubah siswa-siswinya menjadi pribadi yang lebih baik, karakter religius yang baik tidak hanya waktu di sekolah tetapi saat di rumah juga.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan; (1) bagaimana peran guru PAI dalam pembinaan karakter religius SMK berbasis pondok pesantren peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembinaan karakter religius SMK berbasis pondok pesantren peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Lalu teknik analisis data dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman yang mencangkup reduksi data (data redution), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi) secara induktif.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa pertama, peran guru PAI dalam pembinaan karakter religius SMK berbasis pondok pesantren meliputi; upaya guru PAI untuk pembinaan karakter religius anak didiknya sudah mampu membina dan membimbing, memberikan contoh keteladanan dan nasihat serta memberikan reward & hukuman untuk anak didiknya, kemudian pelaksanaan upaya guru PAI dalam pembinaan karakter religius diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan program keagamaan dilanjutkan hasil dari pembinaan karakter religius di dapat melalui evaluasi-evaluasi yang dilakukan oleh para guru PAI di sekolah dan para ustadz di pondok. Kedua, faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembinaan karakter religius SMK berbasis pondok pesantren pada peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo dibagi menjadi dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor-faktor tersebut lebih dominan pada faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial dimanapun anak didik berada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LIA AMALIA
Location: Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:34
Last Modified: 13 Sep 2019 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7912

Actions (login required)

View Item View Item