pengaruh pengetahuan konsumen dan lokasi bank terhadap keputusan nasabah memilih bank muamalat kcp ponorogo

Musviroh, Avinia (2019) pengaruh pengetahuan konsumen dan lokasi bank terhadap keputusan nasabah memilih bank muamalat kcp ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
perpus_new_again.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Musviroh, Avinia. 2019. Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Lokasi Bank Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Muamalat KCP Ponorogo. Skripsi. Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M. Pd.
Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Nasabah, Bank Syariah
Keputusan merupakan proses akhir dari seseorang setelah melakukan berbagai macam tahapan. Dalam proses keputusan memilih bank syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pengetahuan dan lokasi. Pengetahuan merupakan pengalaman dengan berbagai macam informasi tentang produk atau jasa tertentu yang dimiliki. Sedangkan lokasi adalah tempat dimana diperjualbelikannya produk cabang bank dan pusat pengendalian perbankan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan konsumen dan lokasi bank terhadap keputusan memilih Bank Muamalat KCP Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program aplikasi IBM SPSS 21. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket (kuisioner). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan probality sampling, dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini 5.089 nasabah Bank Muamalat KCP Ponorogo. Dan sampel yang di gunakan 100.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengetahuan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Bank Muamalat KCP Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,922 > 1,984. Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Bank Muamalat KCP Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,001 > 1,984. Secara simultan pengetahuan konsumen dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Bank Muamalat KCP Ponorogo yang dibuktikan dari uji F yaitu Fhitung > Ftabel yaitu 30,569 > 3,090. Hasil R2 adalah 0,387 hal tersebut berarti 38,7% variabel keputusan nasabah memilih Bank Muamalat KCP Ponorogo dipengaruhi oleh variabel pengetahuan konsumen dan lokasi sedangkan 61,3% variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: DWI SETYA NUGRAHINI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:27
Last Modified: 11 Sep 2019 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7797

Actions (login required)

View Item View Item