Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Denda Pelayanan Atas Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Perpres nomor 19 Tahun 2016 Tentang Jaminan Kesehatan

Limaisah, Khusnul (2019) Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Denda Pelayanan Atas Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Perpres nomor 19 Tahun 2016 Tentang Jaminan Kesehatan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
deal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Limaisah, Khusnul.2019.Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Denda Pelayanan Atas Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Perpres nomor 19 Tahun 2016 Tentang Jaminan Kesehatan. Skripsi.Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. PembimbingDr. H. Moh. Munir., Lc. M.Ag.
Kata kunci: Mas}lah}ah, BPJS Kesehatan
Pemberlakuan denda pelayanan 2,5% atas keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dilatarbelakangi oleh kurangnya kepatuhan peserta dalam membayar iuran. Ketidak disiplinan peserta dalam membayar iuran ini berimbas pada devisit keuangan BPJS Kesehatan. Adanya peraturan terbaru tersebut juga sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan jumlah kepesertaan. Sebab, dinilai peraturan pemberlakuan denda terbaru tersebut tidak membebani peserta dan memiliki nilai kemanfaatan tinggi. Ada juga penilaian justru regulasi denda tersebut membebani peserta. Sehingga, dalam skripsi ini hanya akan menjabarkan bagaimana mas}lah}ah yang terkandung dalam Perpres jaminan kesehatan ini.
Dalam penelitian ini, terdapat dua fokus pembahasan yaitu: (1) Bagaimana tinjauan konsep mas}lah}ah terhadap tinggat kepentingan atas denda yang terdapat pada Perpres Nomor 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan? (2) Bagaimana tinjauan konsep mas}lah}ah terhadap tujuan atas denda yang yang terdapat pada Perpres Nomor 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan?
Penelitian ini merupakan menelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan data-data kepustakaan. Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Pada tahap awal peneliti memaparkan teori dan data sesuai dengan rumusan masalah, kemudian mengklasifikasikan mas}lah}ah yang terkandung dalam Perpres Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Jaminan Kesehatan.
Dari analisis data dikemukakan bahwa, (1) denda pelayanan 2,5% termasuk dalam kategori mas}lah}ah ha>ji>yah dimana sebuah upaya ih}tiya>t dalam perlindungan harta yang harta tersebut untuk menjaga kestabilan ekonomi, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan demudian, (2) denda pelayanan 2,5% memiliki tujuan untuk menutupi defisit serta memberi kemudahan kepada peserta, sebab denda hanya berlaku pada saat pengguna rawat inap di rumah sakit dan itu masih termasuk taraf kewajaran. Sehingga denda pelayanan bermanfaat bagi masyarkat pada umumnya dan termasuk dalam kategori mas}lah}ah ‘a>mmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:30
Last Modified: 11 Sep 2019 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7796

Actions (login required)

View Item View Item