pembelajaran al-qur'an metode wafa di mi nurul huda grogol sawoo ponorogo

Nurkayati, Siti (2019) pembelajaran al-qur'an metode wafa di mi nurul huda grogol sawoo ponorogo. journal. pp. 1-87.

[img]
Preview
Text
ok BAB 123456.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurkayati, Siti. 2019. Pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Wafa.
Al-Qur’an adalah kalam Allah berupa mukjizat yang diturunkan oleh kepada manusia melalui malaikat jibril dengan perantara Nabi Muhammad SAW. Berbicara mengenai belajar Al-Qur’an fenomena yang berada di sekolah masih banyak peserta didik yang belum lancar dalam membaca kitab suci Al-Qur’an karena mereka belum memiliki rasa cinta untuk mempelajari Al-Qur’an. Sekarang ini banyak sekali metode yang digunakan untuk mempelajari Al-Qur’an, dari berbagai metode yang ada di masyarakat diharapkan dapat giat dalam mempelajari kitab suci Al-Qur’an. Metode yang menyenangkan akan menumbuhkan jiwa untuk lebih mencintai Al-Qur’an. Seperti yang diterapkan MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo yang merupakan salah saatu Madrasah Ibtidaiyah Swasta yang menerapkan belajar Al-Qur’an metode Wafa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persiapan pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo (2) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo (3) evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo (4) dampak dari pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi (reduction data), panyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) dalam persiapan proses pembelajaran, langkah sebelum memasuki kelas untuk pembelajaran Wafa guru menyiapkan materi,seperti menggunakan RPP yang sudah ada pada buku pedoman Wafa serta menyiapkan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam menyampaikan materi. (2) dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa di MI Nurul Huda Grogol Sawoo Ponorogo ini dengan menggunakan langkah-langkah 5P yaitu pembukaan, pengalaman, pengajaran, penilaian dan penutupan. (3) kegiatan penilaian pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Wafa dilaksanakan pada saat pembelajaran atau penilaian pada pokok bahasan, penilaian yang dilaksanakan untuk kenaikan pada jilid Wafa selanjutnya, dan penilaian akhir (Munaqosyah). (4) adanya pembelajaran Al-Qur’an metode Wafa ini berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu para siswa sangat menyukai dan senang belajar Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang baru digunakan di madrasah ini. Dengan sikap mereka yang menyukai dan senang dengan adanya pembelajaran ini diharapkan dapat mencapai hasil yang memuaskan. Adapun dampak negatifnya yaitu anak-anak masih belum mampu beradaptasi adanya pembelajaran Al-Qur’an Wafa.

Item Type: Article
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:28
Last Modified: 11 Sep 2019 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7786

Actions (login required)

View Item View Item