pengaruh promosi dan pengetahuan terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking pada bri syariah kcp ponorogo

Solehah, Khumairotus (2019) pengaruh promosi dan pengetahuan terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking pada bri syariah kcp ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Solehah, Khumairotus. 2019. Pengaruh Promosi dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Internet Banking pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci : Pemasaran, Produk, Teknologi Informasi.
Promosi merupakan proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian. Selain itu, pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian, karena merupakan faktor yang memperkuat nasabah untuk menggunakan suatu produk. Keputusan pembelian merupakan kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual. Adanya penelitian ini dilakukan karena persaingan tinggi pada saat ini yang ditandai dengan berkembangnya industri perbankan secara pesat yang menuntut untuk memiliki keunggulan yang kompetitif dan pada akhirnya memunculkan fasilitas teknologi informasi modern yang baik dan maju. Internet banking bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, serta memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan.
Hasil data survei TOP Brand Award 2018 pada produk internet banking BRI Syariah berada pada posisi TOP ketiga pengguna terbanyak di Indonesia 13,5%. Namun ada fenomena bahwa nasabah lebih merasa aman untuk bertransaksi langsung di bank dari pada menggunakan internet banking. Kendala dalam pengembangannya yaitu keterbatasan pengetahuan mengenai produk tersebut. Menurut beberapa nasabahnya, BRI Syariah KCP Ponorogo belum melakukan promosi secara maksimal kepada masyarakat. Kebanyakan nasabah yang menggunakan hanya atas dasar ikut-ikutan atau rekomendasi dari orang lain. Manajer BRIS menyampaikan promosi hanya dilakukan melalui CS dan tidak semua nasabah ditawari produk tersebut. Customer service juga menyampaikan bahwa nasabah yang ditawari produk internet banking hanya yang berusia muda saja dan yang dianggap memungkinkan untuk menggunakan yakni tidak lebih dari usia 50 tahun. BRI Syariah Ponorogo dipilih sebagai tempat penelitian karena merupakan mitra yang telah bekerjasama dengan IAIN Ponorogo dan salah satu bank syariah yang sudah membuka layanan internet banking untuk nasabahnya.
Rumusan masalahnya adalah apakah promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking pada BRI Syariah KCP Ponorogo, apakah pengetahuan memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking pada BRI Syariah KCP Ponorogo, apakah promosi dan pengetahuan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi tidak diketahui jumlahnya, karena Manajer BRIS menjelaskan bahwa untuk nasabah pengguna internet banking pihak bank tidak memiliki data terkait jumlah pastinya karena memang tidak di input. Yang dijadikan sampel berjumlah 100 dengan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,872 > 1,984. Pengetahuan memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,890 > 1,984. Promosi dan pengetahuan secara bersama – sama memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan internet banking nilai Fhitung > Ftabel yaitu 36,735 > 3,090.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:11
Last Modified: 11 Sep 2019 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7765

Actions (login required)

View Item View Item