Pelayanan Konsumen pada Bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri Madiun (Analisis Etika Bisnis Perspektif Erni R. Ernawan)

Arifudin, Muhammad (2019) Pelayanan Konsumen pada Bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri Madiun (Analisis Etika Bisnis Perspektif Erni R. Ernawan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Arif Jurusan ES Etika Bisnis Jadi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muhammad Arifudin, 2019. Pelayanan Konsumen pada Bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri Madiun (Analisis Etika Bisnis Perspektif Erni R. Ernawan). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muchtim Humaidi, S.H.I., M.I.R.K.H.

Kata Kunci: Pelayanan Konsumen dan Etika Bisnis
Dalam aktivitas berbisnis, pelaku bisnis diharapkan untuk menerapkan etika dalam kegiatan bisnisnya. Sebab etika menjadi batasan bagi pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitasnya. Akan tetapi masih ada perusahaan yang belum menerapkan etika bisnis dalam kegiatan bisnisnya. Seperti halnya pada perusahaan PT Madjoe Muda Mandiri Madiun yang memiliki sebagian kru bus yang belum menerapkan prinsip etika bisnis dalam melayani konsumen atau penumpang. Jadi ketika melayani, pihak kru bus menawarkan tarif biasa saat di luar bus namun ketika bus sudah berjalan, konsumen atau penumpang ditarik dengan tarif kelas patas.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah yang diteliti oleh penulis adalah pertama, bagaimana analisis pelayanan konsumen pada bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri?. Kedua, bagaimana analisis etika bisnis perspektif Erna R. Ernawan terhadap pelayanan konsumen pada bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri?.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Terminal Selo Aji Ponorogo. Kemudian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah pihak Dinas Perhubungan Ponorogo, pihak PT Madjoe Muda Mandiri Madiun, Pihak Kru Bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri, dan penumpang bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri. Kemudian teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dianalisa dengan menggunakan metode induktif.
Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data, maka dapat disimpulkan bahwa, pertama, PT Madjoe Muda Mandiri belum sepenuhnya memenuhi standar pelayanan terkait biaya pelayanan dan kompetensi petugas pemberi layanan. Akan tetapi keempat standar pelayanan yang lain yang meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, produk pelayanan, serta sarana dan prasarana sudah memenuhi standar pelayanan. Kemudian dalam kaitannya dengan kualitas pelayanan yang terdiri dari lima hal yakni bentuk fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati menunjukkan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh bus AKDP PT Madjoe Muda Mandiri belum sepenuhnya dapat dikatakan berkualitas. Hal ini ditunjukkan dengan belum sepenuhnya terpenuhi lima hal kualitas pelayanan tersebut. Kedua, PT Madjoe Muda Mandiri belum sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis dalam aktivitas bisnisnya. Khususnya pada prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip saling menguntungkan, dan integritas moral. Sedangkan pada prinsip etika bisnis Islam berupa prinsip otonomi, yakni PT Madjoe Muda Mandiri telah menerapkan prinsip ini dalam aktivitas bisnisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:18
Last Modified: 23 Jan 2020 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item