pemanfaatan media sosial instagram oleh akun @tamanwisatagenilagit sebagai media promosi dalam meningkatkan minat pengunjung taman wisata geni langit

Mafiroh, Fauzia (2019) pemanfaatan media sosial instagram oleh akun @tamanwisatagenilagit sebagai media promosi dalam meningkatkan minat pengunjung taman wisata geni langit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
fauzia mafiroh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mafiroh, Fauzia, Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh akun @tamanwisatagenilangit sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. IAIN Ponorogo. Pembimbing Muhamad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Pemanfaatan Instagram, Promosi, Minat Pengunjung

Taman Wisata Geni Lamgit merupakan tempat wisata yang berada di salah satu Kabupaten Magetan. Taman wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang dikombinasikan dengan spot foto yang menjadikan tamn wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Keberadaannya mulai dikenal oleh masyarakat baik dari daerah Kabupaten Magetan dan sekitarnya, sejak banyak bermunculan foto di media sosial Instagram. Media Sosial Instagram adalah media sharing yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi media seperti foto, video, maupun audio video. Dengan kehadiran Instagram, sangat membantu kegiatan promosi bagi penggunanya. Dengan menggunakan fitur-fitur Instagram dapat membantu meningkatkan minat pengguna lain untu menyukai konten pengguna dengan sajian yang lebih menarik. Dari uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap pemanfaatan media sosial Instagram oleh Taman Wisata Geni Langit.
Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi : pertama, bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi di Taman Wisata Geni Langit. Kedua, bagaimana efektivitas Instagram dalam meniingkatkan minat pengunjung Taman Wisata Geni Langit
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi serta efektivitas Instagram dalam meningkatkan minat pengunjung Taman Wisata Geni Langit.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram oleh akun @tamanwisatagenilangit dalam meningkatkan minat pengunjung. Peneliti mendapat data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulana: pertama, pemanfaatn media sosial Instagram oleh akun @tamanwisatagenilangit adalah dengan menggunakan beberapa fitur Instagram, melputi (1) judul foto atu caption, (2) Hashtag, (3) Komentar (4) Mentions (5) Geotag. Kedua, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa pengunjung, media sosial Instagram cukup efektif dalam meningkatkan minat pengunjung. Dibuktikan dengan pernyataan pengunjung yang mengetahui banyak postingan foto yang berkonsep Instgramable dari akun @tamanwisatagenilangit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:34
Last Modified: 10 Sep 2019 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item