pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada tahu tuna "dewa ruci" pacitan

Miswanto, Miswanto (2019) pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada tahu tuna "dewa ruci" pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Halaman sampul --Merged-dikompresi.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Miswanto, 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Said Abadi, M.A.
Kata Kunci: Kinerja, Daya Tanggap dan Retention.
Loyalitas pelanggan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Jika perusahaan memiliki seorang pelanggan yang loyal maka hal tersebut dapat menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Seorang pelanggan dikatakan loyal apabila pelanggan tersebut mempunyai komitmen yang kuat untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut secara rutin meskipun terjadi kenaikan harga dari produk tersebut dan dia tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut. Menurut Lupiyoadi terdapat lima faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen termasuk diantaranya adalah kualitas produk dan pelayanan.
Kualitas produk pada Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan sudah baik dan sesuai standar. Sedangkan pelayanan yang diterapkan oleh Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan sudah memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, pada kenyataannya loyalitas konsumen yang berada di pusat jauh lebih rendah dibandingkan loyalitas konsumen yang berada di agen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan 2. Pengaruh pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan 3. Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan mengunakan pendekatan penelitian korelasional atau asosiatif.
Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier berganda Y = 4,761 + 0,211X1 + 0,386X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,529 yang berarti bahwa yang mempengaruhi loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu kualitas produk dan pelayanan sebesar 52,9%, dan sisanya yaitu 47,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,001 dan X2 terhadap Y sebesar 0,000. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas produk dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:16
Last Modified: 11 Sep 2019 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7713

Actions (login required)

View Item View Item