Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli di Pasar Tamansari Sambit Ponorogo

Nasrudin, Daris Aly (2019) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli di Pasar Tamansari Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Daris siap ulpoad-dikompresi.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nasrudin, Daris Aly. 2019. Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Paktik Jual Beli di Pasar Tamansari Sambit Ponorogo. Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph.D.

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Praktik Jual Beli, Pembentukan Harga, Kearifan Lokal

Etika bisnis Islam adalah seperangkat nilai tentang baik, buruk benar, salah dan halal haram dalam dunia bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip moralitas yang sesuai dengan syariah. Pasar Kliwon atau masyarakat Sambit sering menyebutnya dengan Pasar Tamansari merupakan pasar tradisional yang bertempat di pusat kecamatan Sambit. Fenomena yang ditemui berdasarkan wawancara pra penelitian bahwa praktik jual beli di pasar ini terdapat percampuran kualitas barang. Selain itu, dalam pembentukan harga melakukan bermacam cara agar mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, pasar tradisional mempunyai sisi positif yang identik dengan budaya kearifan lokal.
Berdasarkan latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui praktik jual beli di pasar Tamansari Sambit Ponorogo. (2) Untuk mengetahui bagaimana pola pembentukan harga dalam jual beli di Pasar Kliwon Tamansari. (3) Untuk mengetahui nilai-nilai etik lokal yang dapat dikembangkan dalam etika jual beli di pasar Kliwon Tamansari kecamatan Sambit.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, setelah melakukan pengumpulan data dan analisis dapat disimpulkan: (1) Dalam praktik jual beli para pedagang di Pasar Tamansari telah menerapkan prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan. Namun, dalam prinsip keseimbangan dan kebenaran pedagang belum menerapkan karena masih adanya pedagang yang melakukan kecurangan dalam takaran barang dan tidak transparan dalam hal mutu barang. (2) Dalam pembentukan harga telah menerapkan seluruh prinsip etika bisnis Islam ditunjukkan dengan tidak adanya diskriminasi harga, pembentukan harga disesuaikan dengan harga pasar, kebebasan menawar harga, membentuk harga sesuai dengan kualitas, pedagang berlaku transparan kepada pembeli tentang harga barang yang disesuaikan dengan kualitas suatu barang dan tidak ada unsur paksaan kepada pembeli unuk menyetujui harga. (3) Kearifan lokal dalam etika jual beli yang dapat dikembangkan yakni ketika pedagang menawarkan barang dengan penuh keakraban kepada calon pembelinya. Sedangkan antar pedagang satu dengan lainnya tidak ada rasa iri karena mereka menganggap sebagai kawan bukan lawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:33
Last Modified: 10 Sep 2019 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item