pengembangan pendidikan karakter (studi kasus sistem full day school di smkn 2 ponorogo)

Setiarini, Heny Dwi (2019) pengembangan pendidikan karakter (studi kasus sistem full day school di smkn 2 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
perpustakaan heny.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiarini, HenyDwi.2019. Pendidikan Karakter Siswa (Studi Kasus Sistem Full Day School di SMKN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Dr.AB Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Karakter Integritas, Karakter Nasionalis

Penelitian ini meneliti tentang pengembangan pendidikan karakter (studi kasus sistem full day school di SMKN 2 Ponorogo). Penelitian ini dilator belakangi munculnya sistem full day school. Permasalahan yang muncul adalah pendidikan karakter selama ini baru dilaksanakan pada jenjang pendidikan pra sekolah, sementara pada jenjang sekolah dasar dan seterusnya kurikulum pen¬didikan di Indonesia masih belum optimal dalam menyentuh aspek karakter ini. Pembentukan karakter salah satunya adalah melalui pendidikan karakter Merespon hal tersebut maka, SMKN 2 Ponorogo menerapkan pendidikan karakter yang tercermin dari sistem pembelajaran yang diterapkan di SMKN 2 Ponorogo.
Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana pengembangan pendidikan karakter religius siswa di SMKN 2 Ponorogo? (2) Bagaimana pengembangan pendidikan karakter integritas siswa di SMKN 2 Ponorogo? (3) Bagaimana pengembangan pendidikan karakter nasionalis di SMKN 2 Ponorogo?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengambilan datanya.Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pengembangan pendidikan karakter religius siswa di SMKN 2 Ponorogo dapat dilihat dari pembiasaan tilawah setiap hari kamis pada jam pertama, sikap religius siswa tercemin dari akhlaknya sahari-hari seperti sadar akan tanggungjawabnya kepada Allah, peneladani sikap rasulullah, dan lancar dalam Membaca Al-quran. (2) Pengembangan pendidikan karakter integritas siswa di SMKN 2 Ponorogo diterapkan melalui program-program sekolah seperti program adiwiyata, adanya materi pengelolaan usaha, sopan santun terjadap orang lain, program kedisiplinan melalui aplikasi simonta.Sikap integritas siswa dari sikap jujur dalam berwirausaha, peduli terhadap lingkungan sekolah dan selalu memiliki sikap jujur, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.(3) Pengembangan pendidikan karakter nasionalisme siswa di SMKN 2 Ponorogo dapat dilihat dari kebiasaan sadar siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap jam 7 pagi, mencintai lingkungan sekolah melalui adiwiyata, mengikuti upacara bendera di hari senin dan di hari-hari nasional dengan hikmat, hafal lagu-lagu kebangsaan, dan berpartisipasi dalam lomba-lomba memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:33
Last Modified: 11 Sep 2019 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item