Upaya Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kombinasi Cooperative Script dan Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo

KUN ZAHWA MA'ARIFIA, NASTITI (2019) Upaya Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kombinasi Cooperative Script dan Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210615176_KUN_ZAHWA_MA’ARIFIA_NASTITI[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Nastiti, Kun Zahw Ma'arifia. 2019. Upaya Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kombinasi Cooperative Script dan Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Ali Baul Chusna, M.SI.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Cooperative Script, Drill, Kreativitas dan Hasil Belajar
Upaya guru dalam pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran Bhasa Arab memiliki banyak cara. salah satunya menggunakan metode pembelajaran cooperative script dan drill. Guru di MI Mamba'ul Huda mengupayakan kreativitas siswa dengan mengupayakan metode kreativitas siswa dengan menerapkan metode cooperatip script dan drill. penggunaan metode dalam sebuah pembelajaran dapat memudahkan dalam penyampaian materi dan tercapainya tujuan pembelajaran.
tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui upaya pengembangan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran kombinasi cooperative script dan drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya pengembangan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran kombinasi cooperative script dan drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo, (3) untuk mengetahui hasil upaya pengembangan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran kombinasi cooperative script dan drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo.
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi.teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
adapun hasilnya adalah (1) upaya pengembangan kreativitas siswa di kelas V MI ngabar guru menggunakan metode cooperative script dan drill diterapkan dan sudah disesuaikan dengan materi agar siswa lebih tertarik dalam pembelajaran Bahasa Arab, dan dapat merespon materi yang diberikan oleh guru, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kreativitas siswa. faktor pendukungnya yaitu, sikap mental guru, media pembelajaran, kemampuan pendekatan yang digunakan dan kemampuan guru. sedangkan faktor penghambatnya yaitu, media yang terbatas, siswa yang ramai dan siswa yang pemalu. (3) hasil upaya pengembangan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran combinasi cooperative sript dan drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Ponorogo, ditandai dengan adanya reflek siswa dalam menerapkan pengetahuan yang sudah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:30
Last Modified: 10 Sep 2019 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item