Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan Di Bank Muamalat KCP Ponorogo

Yuliawati, Ani Priyana (2019) Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan Di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yuliawati, Ani Priyana, 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing Ika Susilawati, MM.

Kata Kunci: Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, Emphaty
Di era modern seperti saat ini, perkembangan perbankan syariah dapat dikatakan semakin meningkat dengan banyaknya kantor perbakan syariah yang berdiri, menjadikan masyarakat akan dihadapkan pada banyak pilihan terhadap pelayanan yang ditawarkan oleh bank syariah. Pelayanan yang berkualits tinggi sangatlah dipentingkan bagi nasabah. Karena kualitas pelayanan adalah bagian terpenting bagi produk-produk bank dan pelayanan bank juga sangat mudah diterapkan. Dengan demikian persaingan akan selalu dipengaruhi oleh kemampuan bank dalam memberikan pelayanan terbaik dibandingkan pesaingnya. Kualitas layanan menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis. Apabila nasabah diberikan layanan yang baik maka nasabah akan merasa puas dalam pelayanan yang mereka berikan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo, Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Adapun penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 5.089, yang dijadikan sampel berjumlah 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), sedangkan analisis data untuk rumusan masalah menggunakan analisis faktor.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa:
Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo yaitu faktor pertama faktor kepercayaan dan fasilitas, sedangkan faktor kedua faktor daya tanggap dan jaminan. Faktor pertama terdiri dari keteguhan pada janji, kesopanan, fasilitas fisik, kemampuan karyawan dalam memberikan layanan, kemampuan untuk memenuhi janji layanan yang sudah disampaikan kepada nasabah, materi komunikasi, pengetahuan, menunjukkan pada kemauan dari penyedia layanan untuk membantu nasabah dan personil (pegawai) sedangkan faktor kedua terdiri dari ketepatan, bank dan karyawannya memberikan perhatian secara personal kepada nasabah, menjelaskan tentang produk yang membuat nasabah percaya kepada bank, menunjukkan kepedulian secara personal kepada nasabah dan menyediakan layanan secepat mungkin. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo yaitu faktor kepercayaan dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:03
Last Modified: 10 Sep 2019 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7590

Actions (login required)

View Item View Item