Implementasi model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo

Saputri, Endah Eka (2019) Implementasi model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saputri, Endah Eka. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Sentra Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di KB Merak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, H. Mukhlison Effendi, M. Ag.

Kata Kunci : Pembelajaran Sentra, Kemandirian, Anak Usia Dini.
Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini perlu diarahkan pada peletakan dasar yang tepat melalui pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa praktik penyelenggaraan PAUD belum mengacu betul pada tahap-tahap perkembangan anak. Seorang anak dilahirkan dalam keadaan lemah, namun bukan berarti mereka tidak mampu. Maka lembaga sekolah bertanggungjawab membentuk kepribadian anak menjadi seorang manusia dewasa yang mampu berdiri sendiri dan tidak bergantung pada oranglain. Oleh karena itu, model pembelajaran sentra dimaksudkan untuk memperbaiki praktik penyelenggaraan PAUD menjadi wahana belajar dan bermain anak yang menyenangkan. KB Merak Ponorogo merupakan salah satu lembaga PAUD yang menerapkan model pembelajaran sentra, pendekatan tersebut lebih menekankan pada aktivitas eksplorasi lingkungan yang dapat menunjang kemandirian anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo (2) penerapan model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo (3) evaluasi model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualiatif yang bersifat deskriptif. Data-data yang diperoleh melalui kajian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan beberapa metode diantaranya yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif untuk mendapatkan data tentang implementasi model pembelajaran sentra untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di KB Merak Ponorogo.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Perencanaan model pembelajaran sentra terdiri dari Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Perencanaan pembelajaran tersebut dibuat sesuai kaidah perencanaan pembelajaran pada umumnya, untuk meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan pembiasaan 2) Penerapan Model Pembelajaran Sentra di KB Merak Ponorogo dengan memberikan pijakan diantaranya pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main dan pijakan sesudah main. 3) Evaluasi kemajuan perkembangan anak di KB Merak Ponorogo dilaksanakan setiap akhir bulan bersama wali peserta didik, dengan teknik running record (catatan harian), catatan anekdot, skala rating dan penilaian hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:45
Last Modified: 09 Sep 2019 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7560

Actions (login required)

View Item View Item