Korelasi Kecerdasan Emosional dan Pembiasaan Membaca Asma'ul Husna dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Sucipto, Kholif Fajar (2019) Korelasi Kecerdasan Emosional dan Pembiasaan Membaca Asma'ul Husna dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
wt_mark[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sucipto, Kholif Fajar 2019. Korelasi Kecerdasan Emosional dan Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna, Hasil Belajar
Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Secara sederhana hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Sama halnya hasil belajar Akidah Akhlak siswa MI Mamba’ul Huda Ngabar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan pembiasaan membaca Asma’ul Husna. Apabila kecerdasan emosional baik, maka hasil belajar Akidah Akhlak baik pula, begitu pun apabila pembiasaan membaca Asma’ul Husna baik, maka hasil belajar Akidah Akhlak baik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo, (2) Mengetahui korelasi pembiasaan membaca Asma’ul Husna dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo, (3) Mengetahui korelasi kecerdasan emosional dan pembiasaan membaca Asma’ul Husna dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov, untuk mengetahui penentuan kategori menggunakan rumus standar deviasi, sedangkan untuk menganalisa data yang digunakan adalah rumus korelasi berganda (multiple correlation).
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Diperoleh nilai rtabel = 0,304 dan rhitung = 0,254 di mana rhitung < rtabel maka Ha ditolak. Kesimpulannya Tidak ada korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar tahun pelajaran 2018/2019. (2) Diperoleh nilai rtabel = 0,304 dan rhitung = 0,372 di mana rhitung > rtabel maka Ha diterima. Ada ada korelasi pembiasaan membaca Asma’ul Husna dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar tahun pelajaran 2018/2019. (3) Diperoleh nilai Fhitung = 3,35 dan Ftabel = 3,25 dimana Fhitung > Ftabel maka Ha diterima. Ada korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan pembiasaan membaca Asma’ul Husna dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: kurnia hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 05:23
Last Modified: 10 Sep 2019 08:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7541

Actions (login required)

View Item View Item