efektivitas program adiwiyata dalam meningkatkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di sma negeri 1 mejayan tahun ajaran 2018/2019

Rahmandani, Dyana Qurni (2019) efektivitas program adiwiyata dalam meningkatkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di sma negeri 1 mejayan tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB1-SLESAI BRU-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahmandani, Dyana Qurnia 2019. Efektivitas program adiwiyata dalam
meningkatkan budaya sekolah berwawasan lingkungan di SMA Negeri 1
Mejayan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M,Pd.
Kata Kunci: Program adiwiyata dan budaya sekolah yang berwawasan
lingkungan
Pada hakikatnya, program adiwiyata adalah program pemerintah untuk
sekolah yang berwawasan lingkungan yang menyediakan tempat yang baik dan
ideal bersih dan nyaman untuk digunakan pembelajaran sekolah. Seorang siswa
harus memiliki karakter peduli dan berwawasan lingkungan agar terbiasa hidup
bersih dan sehat, serta dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk
kegiatan sehari – hari, dengan lingkungan yang kondusif akan tercipta proses
pembelajaran yang bermutu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan perencanaan dan
pelaksanaan program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Mejayan (2) untuk
mendeskripsikan efektifitas program adiwiyata guna meningkatkan budya
sekolah.
Jenis Penelitian pada skripsi ini berupa studi kasus, dan pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data – data yang dibutuhkan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data dengan model Miles and Huberman yang meliputi :
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisa penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1)
Perencanaan program adiwiyata di SMA Negeri 1 Mejayan meliputi empat aspek
a) kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. b) kurikulum berbasis
lingkungan. c) Kegiatan berbasis partisipatif artinya seluruh warga sekolah ikut
berpartisipatif di dalam program adiwiyata. Dengan adanyan rencana kerja atau
kelompok kerja dapat meningkatkan upaya peningkatan prestasi peserta didik dan
dapat berperan dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik..(2)
Pelaksanaan program adiwiyata mengacu pada empat komponen yaitu
a)Pengembangan kebijakan berwawasan lingkungan. b) Kurikulum berbasis
lingkungan. c) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. d) Pengelolaan sarana
dan prasaran ramah lingkungan. (3) pelaksanaan adiwiyata di SMA Negeri 1
Mejayan sudah efektif, karena semua kegiatan yang dicangkan dalam empat
program adiwiyata dapat di implementasikan oleh keseluruhan warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:17
Last Modified: 09 Sep 2019 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7536

Actions (login required)

View Item View Item