Pengaruh Lokasi Dan Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada BRI Syariah KCP Ponorogo)

Rahayu, Rahmawati Sri (2019) Pengaruh Lokasi Dan Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada BRI Syariah KCP Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rahmawati Sri Rahayu.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahayu, Rahmawati Sri. 2019. Pengaruh lokasi dan reputasi terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah (studi pada BRI Syariah KCP Ponorogo). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Said Abadi, M.A.
Kata Kunci :Tempat, Nama Baik, Pembelian
Lokasi dan reputasi merupakan fator yang mempengaruhi seseorang dalam menentukan keputusan pembelian suatu produk. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di tempat penelitian. Diketahui bahwa lokasi dari bank BRI Syariah KCP Ponorogo yang terletak di pojok pertigaan, ruangan yang tidak begitu luas, serta tempat parkir yang berada di pinggir jalan utama kota. Lokasi tersebut dinilai tidak strategis walaupun berada pada pusat kota. Sedangkan jumlah nasabah mengalami peningkatan dari tahun 2017 hingga tahun 2018. Reputasi dari bank BRI Syariah KCP Ponorogo dinilai kurang baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa masyarakat Ponorogo, diperoleh fakta bahwa bank BRI Syariah belum banyak dikenal oleh masyarakat dan terdapat nasabah yang mengalami kejadian yang merugikan nasabah tersebut. Walaupun demikian, jumlah nasabah pada tahun 2017 hingga tahun 2018 mengalami peningkatan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah lokasi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah ? (2) Apakah reputasi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah ? (3) Apakah lokasi dan reputasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menggunakan bank syariah?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, di mana tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10.035 orang dan sampel sebanyak 100 orang yang di ambil dengan menggunakan teknik probability Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dan reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah. Demikian juga variabel lokasi dan reputasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:29
Last Modified: 09 Sep 2019 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7493

Actions (login required)

View Item View Item