Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Parenting (Analisis Buku Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak Karya Lawrence E. Shapiro)

Pratiwi, Ramah (2019) Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Parenting (Analisis Buku Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak Karya Lawrence E. Shapiro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAMAH PRATIWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ramah Pratiwi. 2019. Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Parenting (Analisis Buku Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak Karya Lawrence E. Shapiro).

Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Mukhlison Efendi, M.Ag.

Kata Kunci: Keserdasan Emosional, Parenting.

Saat ini perkembangan teknologi, komunikasi dan informatika sangat pesat. Banyak pengaruh yang timbul dari perkembangan yang begitu pesat tersebut, bukan hanya dari segi positif namun banyak juga dampak negatif yang di-timbulkan, seperti halnya pergaulan bebas, kenakalaln remaja dan lainya. Maka dari itu penting sekali bagi anak untuk mengembangkan kecerdasan emosionalnya sebagai filter dari dampak negatif perkembangan zaman ini. Dengan kecerdasan emosianal, anak akan mampu berpikir dengan matang segala tindakan yang akan dilakukan. Selain itu perlu adanya pendampingan orang tua terhadap anak-anaknya. Mengawal langkah demi langkah setiap perkembangaan anak untuk menyiapkan masa depannya. Maka dari itu Parenting sangat berperan dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep kecerdasan emosional menurut Laurence E. Shapiro, 2) Untuk mengetahi dan mendeskripsikan konsep parenting menurut Lawrence E. Shapiro, 3) Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak usia sekolah dasar melalui parenting menurut Lawrence E. Shapiro.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif model 2 (Library Research). Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan oleh penulis adalah analisis isi (content analysis).
Dari analisis data dapat disimpulkan beberapa jawaban dari rumusan masalah yang peneliti teliti yaitu:
a. Konsep EQ menurut Lawrence ialah kecerdasan emosional sebenarnya sudah terdapat dari masing-masing manusia. EQ dapat terbentuk dengan berjalannya kehidupan dan dapat dipengaruhi oleh lingkungan, pribadi, maupun orang lain,
b. Konsep Parenting menurut Lawrence ialah terdapat tiga gaya pengasuhan dalam keluarga yaitu otoriter, permisif, dan otoritatif namun yang paling baik untuk diterapkan adalah otoritatif. Selain itu Lawrence juga mengajarkan kepada orangtua untuk memberikan kasih sayang afirmatif kepada anak-anaknya untuk mengajarkan kecerdasan emosional.
c. Stategi yang dapat diterapkan orangtua dalam mengasuh anak menurut Lawrence E. Shapiro: 1) Mempelajari dan mengajarkan anak emosi dari segi moral, 2) Keterampilan berpikir EQ, 3) Pemecahan masalah, 4) Keterampilan sosial, 5) Motivasi diri, 6) Kekuatan emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 01:53
Last Modified: 09 Sep 2019 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7438

Actions (login required)

View Item View Item