Penerapan Strategi Video Comment, Question Student Have dan Group Resume pada Pembelajaran Berbasis Scientific Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti

Karisma, Anggraeni (2015) Penerapan Strategi Video Comment, Question Student Have dan Group Resume pada Pembelajaran Berbasis Scientific Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PAI13 karisma anggraeni.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan hal yang terpenting dalam proses pembelajaran. Seorang guru haruslah mampu memilih strategi yang sesuai dengan materi sehingga menarik dan menumbuhkan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, realita di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran dikarenakan pemilihan Strategi yang tidak bervariasi dan monoton, maka dari itu pemilihan strategi yang tepat dan sesuai materi harus dilakukan agar peserta didik dapat berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Dengan memperhatikan bagaimana proses pembelajaran di kelas IV SDN 2 Semanding agar kegiatan belajar peserta didik meningkat sebagai salah satu alternatifnya adalah pemilihan strategi pembelajaran aktif (active learning), yaitu strategi vidio comment, quetions student have dan group resume. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) kemampuan mengamati, (2) kemampuan menanya (3) kemampuan eksplorasi (4) kemampuan asosiasi dan (5) kemampuan komunikasi siswa setelah mengikuti pembelajaran PAI pokok bahasan Aku cinta Nabi dan Rosul di SDN Semanding 2 Kecamatan Kauman kelas IV semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang diharapkan mampu untuk menigkatkan kualitas proses pembelajaran
Dalam mengungkap masalah di atas, penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (vidio comment, quetionsstudent have dan group resume) dengan setting di kelas IV SDN 2 Semanding yang mencakup 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui daur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi vidio comment, quetions student have dan group resume dapat meningkatkan kualitas proses belajar peserta didik, yang dapat dilihat dari data hasil penelitian pada siklus I : kemampuan mengamati 60%, pada siklus II 90%, kemampuan menanya 50% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80% , kemampuan eksplorasi 60% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%, kemampuan asosiasi 60% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85% dan kemampuan komunikasi 55% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85%.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, disarankan agar seorang guru menggunakan strategi pembelajaran aktif yang sesuai dengan materi. Supayatingkat penguasaan peserta didik terhadap materi ajar meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum, S.Si, M.Pd.
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:40
Last Modified: 30 Jun 2015 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item