strategi komunikasi dinas pariwisata ponorogo dalam mempromosikan program tahun wisata 2019

Selviana, Erwanda (2019) strategi komunikasi dinas pariwisata ponorogo dalam mempromosikan program tahun wisata 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ERWANDA SELVIANA - 211015050.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Selviana, Erwanda. 2019. Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Ponorogo dalam Mempromosikan Program Tahun Wisata 2019. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Agus Romdlon Saputra, M.HI.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Tahun Wisata 2019, Dinas Pariwisata Ponorogo.

Daerah atau kota yang maju tidak lepas dari peran pemerintah setempat. Pemerintah membuat beragam program dari berbagai sektor sebagai upaya untuk menggali potensi dan memajukan daerah. Sektor yang saat ini tengah trend adalah pariwisata. Pariwisata menjadi salah satu daya tarik yang paling kuat bagi suatu daerah. Sementara itu, keberhasilan suatu program pemerintah bergantung pada beragam aspek. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan pemerintah adalah aspek komunikasi. Komunikasi penting untuk membangun sebuah hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat terkait program yang dicanangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Pariwisata Ponorogo dalam mempromosikan program Tahun Wisata 2019 dan apa saja faktor penghambat serta faktor pendukung komunikasi Dinas Pariwisata Ponorogo dalam mempromosikan program Tahun Wisata 2019.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Ponorogo dalam mempromosikan program Tahun Wisata 2019. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan atau langkah-langkah strategi komunikasi Dinas Pariwisata Ponorogo sudah sesuai dengan teori strategi komunikasi yang dipaparkan peneliti, yakni: (1) memilih dan menetapkan komunikator, (2) menetapkan target sasaran, (3) menyusun pesan, (4) memilih media atau saluran komunikasi, (5) produksi media, (6) penyebarluasan media komunikasi, (7) penetapan rencana anggaran, (8) penyusunan jadwal kegiatan, (9) penetapan tim kerja, dan (10) evaluasi. Tidak ditemukan hambatan dalam proses komunikasi. Sementara itu, ditemukan pendukung komunikasi yakni adanya media pengantar yang digunakan antara lain adalah media konvensional yakni radio, media luar ruang yakni baliho dan iklan mobil, serta media baru (internet) yakni internet media sosial facebook, instagram, dan youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Romdlon Saputra
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:18
Last Modified: 05 Sep 2019 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7382

Actions (login required)

View Item View Item