integritas guru dalam proses pendidikan karakter siswa kelas iv di sd ma'arif ponorogo

Firdausya, Rafiqah (2019) integritas guru dalam proses pendidikan karakter siswa kelas iv di sd ma'arif ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Firdausya Rafiqah, 2019, Integritas Guru Dalam Proses Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing H. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci : Integritas, Proses Pendidikan Karakter
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena pada saat ini banyak siswa/siswi yang kurang dalam memiliki perilaku dan kepribadian yang baik, baik itu disekolah maupun pada saat berada diluar lingkungan sekolah. Sehingga, integritas guru dalam mendidik siswanya sangat dibutuhkan. Guru yang berkualitas adalah guru yang terintegritas dan bisa memposisikan dirinya sebagai sosok pendidik. Guru yang memiliki integritas sudah bisa dikatakan guru yang berkualitas, karena sifat integritas tersebut sudah mewakili dari sekian banyak sikap yang baik di dalam diri para guru. Dengan memiliki integritas, seorang guru akan mampu bersikap dan berbuat secara bijaksana dalam membentuk karakter siswanya menjadi lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui integritas guru dalam proses pendidikan karakter kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo, 2) Untuk mengetahui integritas guru dalam proses pendidikan karakter kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo, dan 3) Untuk mengetahui integritas guru dalam proses pendidikan karakter kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan atas dasar unruk menghasilkan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menjadi suatu teori dengan cara mereduksi data, pemaparan data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di SD Ma’arif Ponorogo, peneliti menyimpulkan : 1) integritas guru dalam proses pendidikan karakter kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo adalah guru menerapkan melaksanakan sholat dhuha, hafalan tartil Al-Qur’an dan hafalan do’a harian. Dalam menerapkan pendidikan karakter tersebut, guru langsung memberikan contoh atau ikut terjun dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius tersebut. 2) Integritas guru dalam proses pendidikan karakter jujur kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo adalah guru mendidik siswanya dengan penerapan. Guru menerapkan kesadaran bagi para siswanya. Siswa yang merasa melakukan kesalahan, mereka akan berkata dengan jujur. 3) Integritas guru dalam proses pendidikan karakter disiplin kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo adalah guru menerapkan pembiasaan kepada siswanya yaitu harus datang tepat waktu dan guru memberikan sanksi yang edukatif atau mendidik bagi siswa yang tidak disiplin untuk mendisiplinkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHLISON EFFENDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Aug 2019 06:21
Last Modified: 30 Aug 2019 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7327

Actions (login required)

View Item View Item