implementasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa kelas v di sdn nologaten 1 ponorogo

Anggraini, alif (2019) implementasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa kelas v di sdn nologaten 1 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, iain ponorogo.

[img]
Preview
Text
JURNAL ALIF.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Anggraini, Alif. 2019. Impementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Kelas V SDN ! Nologaten Ponorogo.Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Efendi, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter.
Dalam implementasi Kurikulum 2013, pendidikan karakter dapat diintregasikan dalam seluruh pembelajaran pada setiap bidag studi yag terdapat dalam kurikulum. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap bidang studi perlu dikembangkan dan dibubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pendidikan nilai dan pembentukan karakter tidak hanya dilakukan pada tataran kognitif, tetapi menyentuh internalisasi dan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) persiapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatan pendidikan karakter keas V di SDN 1 Nologaten Ponorogo adalah dengan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang di susun berdasarkan silabus. Tidak hanya itu, penguasaan materi oleh guru harus diperhatikan. Karena walaupun di dalam kurikulum 2013 guru di tempatkan sebagai fasilitato tetapi guru adaah pemegang kunci dalam sebuah proses pembelajaran. Bagaimanapun guru sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 1 Nologaten Ponorogo melalui tiga tahap, yaitu pada tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan pendidikan karakter ditanamkan lewat pembiasaan berdoa sebelum memulai pembelajaran, penanaman sikap nasionalisme dengan menyanyikan lagu nasional. Pada tahap kegiatan inti penanaman pendidikan karakter dapat diakukan dengan melaksanakan kegiatan diskusi untuk membiasakan sikap percaya diri, demokratis, dan social. Selain itu penumbuhan sikap tanggung jawab dapat disisipkan lewat pemberian waktu untuk mengerjakan tugas secara individu maupun kelompok. (3) Evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan pendidikan karakter di SDN 1 Nologaten Ponorogo evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan pendidikan karakter dengan cara melakukan penilaian sejak awal sampai akhir proses pembelajaran untuk mendapatkan nilai yang tidak hanya berpacu pada nilai akademik tetapi juga pada nilai sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: mukhlison effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:46
Last Modified: 28 Aug 2019 04:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item