nilai pendidikan islam dalam tradisi kenduri panenan di desa pandak kecamatan balong kabupaten ponorogo

Umami, Riza (2019) nilai pendidikan islam dalam tradisi kenduri panenan di desa pandak kecamatan balong kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Umami, Riza. 2019. Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Kenduri Panenan di Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag, M.Si.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Islam, Tradisi,Kenduri Panenan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih
ditemukannya sebagian masyarakat yang masih tetap
mempertahankan keberadaan tradisi lama yang pada
umumnya sudah tidak lagi dijalankan oleh mayoritas
masyarakat lainnya, karena pengaruh perkembangan
zaman yang serba modern. Meskipun demikian, upacara
tradisional sebagai warisan budaya luhur bisa dikatakan
masih memegang peranan penting bagi sebagian
masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagian
tradisi yang mengandung makna dan nilai pendidikan
Islam di dalamnya, sampai sekarang masih dipatuhi
oleh masyarakat tertentu karena dianggap sesuatu yang
baik dan tidak menyeleweng dari ajaran agama yang
dianutnya, yaitu agama Islam. Salah satu tradisi tersebut
yaitu tradisi kenduri panenan yang ada di Desa Pandak,
Balong, Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
proses pelaksanaan kenduri panenan di Desa Pandak
Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, (2) mengetahui nilai pendidikan Islam dalam tradisi
kenduri panenan di Desa Pandak Kecamtan Balong
Kabupaten Ponorogo, (3) mengetahui nilai syukur dan
nilai sedekah dalam Tradisi kenduri panenan di Desa
Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun teknik analisa data menggunakan model
interaktif Miles Huberman melalui tahapan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa;
(1) Prosesi pelaksanaan tradisi ini dimulai dari
persiapan membuat makanan, mengundang tetangga
atau kerabat, undangan datang, bersalaman, duduk
bersila membentuk lingkaran, hidangan diletakkan di
tengah lingkaran para undangan, penyampaian hajat
kenduri, tahlilan singkat (umumnya tidak ada), do’a
bersama yang dipimpin oleh tokoh agama dan
dilanjutkan membagi hidangan untuk para undangan,
terakhir penutup, yaitu berpamitan kepada tuan rumah.
(2) Nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi
ini yakni nilai ibadah, ibadah yang dimaksud di sini
yaitu syukur dan sedekah. (3) nilai syukur dan
sedekahnya yakni dibuktikan dengan adanya kegiatan
memberi sedekahan berupa makanan siap saji kepada
para undangan sebagai wujud dari ungkapan rasa
bersyukur mereka kepada Allah Swt. atas nikmat yang
diterimanya yang berupa panenan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widdha Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:10
Last Modified: 27 Aug 2019 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item