efektifitas manajemen kelas berbasis gender pada pembelajaran matematika di mi mamba'ul huda al-islamiyah ngabar

Fauziyah, Lathifatul (2019) efektifitas manajemen kelas berbasis gender pada pembelajaran matematika di mi mamba'ul huda al-islamiyah ngabar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
JURNAL LATHIF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fauziyah, Lathifatul. 2019. Efektifitas Manajemen Kelas Berbasis Gender pada Pembelajaran Matematika di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaran Matematika, Gender.
MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar terakreditasi A. Madrasah ini memiliki kelas paralel setiap periode, dalam satu kelas terdiri atas laki-laki dan perempuan, kecuali kelas IV. Kelas IV terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas IV A yang terdiri atas siswa laki-laki, dan kelas IV B seluruhnya beranggotakan perempuan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui manajemen kelas berbasis gender dalam pembelajaran matematika di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar (2) mengetahui efektivitas manajemen kelas yang berbasis gender pada pembelajaran matematika MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar.Penelitian ini termasuk penelitian experiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode angket (kuesioner) dan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Sampel yang digunkaan yaitu sampel jenuh. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti di sini yaitu uji one way anova.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Manajemen kelas pada pembelajaran matematika di kelas campuran dikategorikan baik dan efektif. Indikator-indikator keberhasilan manajemen kelas mayoritas telah terpenuhi meskipun belum maksimal. Pemilihan strategi pembelajaran, dan jenis kelas ketika pembelajaran sudah sesuai, sehingga siswa semangat dan bergairah ketika pembelajaran. Manajemen kelas laki-laki dan kelas perempuan juga dikategorikan baik. Hanya saja yang berbeda dari kelas campuran yaitu pemilihan strategi pembelajaran dan jenis kelas. Untuk kelas campuran menggunakan strategi permainan, sedangkan untuk kelas laki-laki dan perempuan menggunakan strategi ceramah. Adapun pada pemilihan jenis kelas, untuk kelas campuran menggunakan jenis kelas yang gaduh tetapi suasananya lebih positif, sedangkan kelas laki-laki dan perempuan menerapkan jenis kelas yang terlihat tenang dan disiplin. (2) Efektifitas manajemen kelas pada pembelajaran matematika berbasis gender di MI Mamba’ul Huda Ngabar tidak memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas campuran, kelas laki-laki, dan kelas perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Aug 2019 08:25
Last Modified: 26 Aug 2019 08:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7283

Actions (login required)

View Item View Item