penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an santri hudallah nologaten ponorogo

Nurmawati, Indah (2019) penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an santri hudallah nologaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Indah Nurmawati (210315059).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurmawati, Indah. 2019. Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing. Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Sorogan, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an
Penelitian ini dilatar belakakangi oleh santri Hudallah yang belum bisa menerapkan makharijul huruf dan kaidah tajwid yang benar dan masih seenaknya sendiri dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan santri belum mendapat bimbingan mengenai hal tersebut. Dengan demikian metode tradisional sorogan masih sangat perlu digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian di Hudallah Nologaten Ponorogo ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf santri, 2) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan tajwid al-Qur’an santri, 3) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an santri, 4) Kontribusi metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakana wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian di Hudallah Nologaten Ponorogo ditemukan bahwa 1) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf santri dilakukan dalam proses yang panjang bahkan berbulan-bulan, santri harus mengulang-ulang huruf yang dipelajari sampai bisa, namun santri tetap sabar karena proses pembelajarannya dibalut dengan pendekatan empati yang dilakukan oleh guru kepada santri yang membuat santri tenang dan nyaman, 2) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan tajwid al-Qur’an santri dilakukan di sela-sela pembelajaran, guru memasukkan ilmu tajwid, namun guru mengajarkan santri untuk belajar mandiri, jadi guru tidak melulu memberikan ilmu tajwid setiap hari, 3) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an santri, santri menyetorkan bacaannnya secara pribadi dan dengan sendirinya berlatih berulang-ulang sebelum berada di majlis maupun di majlis, sehingga ketika menyetorkan bacaan santri sudah siap dan lancar dalam membacanya. 4) Kontribusi metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri dapat membaca sesuai makharijul huruf yang tepat, kaidah tajwid yang benar, dan lancar dalam membaca al-Qur’an. Kedekatan jiwa antara guru dan santri yang sudah terbentuk melalui sorogan yang dilakukan setiap hari membuat santri merasa tenang, damai, lapang dada, hidup penuh optimisme, dan menghilangkan kegelisahan jiwa yang dibalut dengan ayat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:29
Last Modified: 23 Aug 2019 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item View Item