peningkatan proses dan hasil belajar pendidikan agama islam melalui metode bernyanyi (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas viii b smpn 4 tulakan pacitan)

Kusuma, Febri Nur Hadi (2019) peningkatan proses dan hasil belajar pendidikan agama islam melalui metode bernyanyi (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas viii b smpn 4 tulakan pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsiku (1)-converted.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kusuma, Febri Nur Hadi. 2019. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Bernyanyi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII B SMPN 4 Tulakan Pacitan). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Antusias Belajar, Metode Bernyanyi, PAI

Mata pelajaran agama Islam merupakan suatu sarana dalam membentuk kepribadian siswa yang riligius. Namun pada kenyataanya pelajaran agama Islam masih belum efektif dalam membentuk kepribadian siswa. Hal tersebut dikarenakan kurangan waktu dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama, pada setiap minggunya hanya diberi waktu 2 jam pelajaran. Berdasarkan hasil observasi dilapangan peneliti menemukan suatu masalah pada proses pembelajaran PAI, guru belum menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Hal tersebut berdampak pada proses belajar siswa yang kurang efektif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini memberi solusi bahwa metode bernyanyi membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswapun antusias dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan proses belajar PAI melalui metode bernyanyi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Tulakan Pacitan (2) peningkatan hasil belajar PAI melalui metode bernyanyi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Tulakan Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Tulakan Pacitan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yaitu Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses belajar PAI melalui metode bernyanyi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Tulakan Pacitan peningkatan dalam hal antusias dalam memperhatikan penjelasan guru, antusias siswa dalam bernyanyi, antusias siswa dalam merespon aktivitas pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan antusias belajar siswa pada siklus I mencapai 64,28%, Pada siklus II antusias belajar siswa 75,00%, Pada siklus III antusias belajar siswa 92,85 %. (2) Hasil Belajar PAI siswa melalui metode bernyanyi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Tulakan Pacitan meningkat. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa siklus I mencapai 78,57 %, pada siklus II mencapai 89,28%, dan pada siklus III hasil belajar siswa mencapai 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:45
Last Modified: 22 Aug 2019 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7256

Actions (login required)

View Item View Item