program full day shcool sebagai upaya pengembangan multi intelegensi siswa sdmt ronowijayan siman ponorogo

Solikah, Nofi Imroatus (2019) program full day shcool sebagai upaya pengembangan multi intelegensi siswa sdmt ronowijayan siman ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi publikasi perpustakaan new pdf.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Solikah, Imroatus Nofi. 2019. Program Full Day School Sebagai Upaya Pengembangan Multi Intelegensi Siswa SDMT Ronowijayan Siman Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ali Baul Chusna, MSI
Kata Kunci: Full Day Scool, Multi Intelegensi
Full day school merupakan suatu proses pembelajaran yang berlangsung secara aktif, kreatif, dan transformatif selama sehari penuh bahkan selama kurang lebih 24 jam. Kegiatan dalam program full day school berupa kegiatan belajar mengajar kemudian dilanjutkan kegiatan ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat siswa. Adanya kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan multi intelegensi sehingga perlu diadakannya program full day school sebagai upaya pengembangan multi intelegensi siswa di SDMT Ronowijayan Siman Ponorogo. SDMT (Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu) Ronowijayan Siman Ponorogo merupakan salah satu lembaga sekolah dasar yang telah menerapkan full day school diwilayah Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan program full day school di SDMT Ronowijayan Siman Ponorogo.(2) mengetahui dampak full day school sebagai upaya pengembangan multi intelegensi siswa SDMT Ronowijayan Siman Ponorogo.(3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat diterapkannya program full day school di SDMT Ronowijayan Siman Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa (1) program full day school di SDMT Ronowijayan Siman Ponorogo dilaksanakan pada pukul 07.00- 15.30 dengan rincian pukul 07.00-14.00 untuk pendidikan secara formal sedangkan pukul 14.00-15.30 untuk program ekstrakulikuler sesuai bakat dan minat siswa. (2) dampak program full days school sebagai upaya pengembangan multi intelegensi yaitu menjadikan siswa lebih mandiri, disiplin, menggali bakat dan potensi diri serta mengembangkan kreativitas dan pastinya lebih berprestasi yang ditandai dengan prestasi siswa dalam berbagai macam perlombaan (3) faktor pendukungnya terdiri dari guru, pegawai, serta karyawan yang memadai, tersedianya tenaga pengajar yang profesional sesuai dengan bidang keahlian serta sarana dan prasarana yang memadai sedangkan untuk faktor penghambatnya terdiri dari segi durasi waktu yang sangat minim dengan kegiatan ekstrakulikuler yang sangat banyak tidak sepadan dengan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ALI BA'UL CHUSNA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:10
Last Modified: 22 Aug 2019 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7255

Actions (login required)

View Item View Item