upaya guru dalam mengatasi sikap emosional siswa yang mempunyai latar belakang broken home di sdn 1 jenangan ponorogo

Agustina, Ririn (2019) upaya guru dalam mengatasi sikap emosional siswa yang mempunyai latar belakang broken home di sdn 1 jenangan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRIN AGUSTINA pdf.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Agustina, Ririn. 2019. Upaya Guru dalam Mengatasi Sikap Emosional Siswa yang Mempunyai Latar Belakang Broken Home di SDN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanInstitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd

Kata Kunci : Guru, Sikap Emosional, Broken Home

Emosi adalah perasaan tertentu yang bergejolak dan dialami seseorang serta berpengaruh pada kehidupan manusia. Sikap emosional siswa juga dapat terpengaruh oleh keluarga yang tidak harmonis atau broken home . broken home adalah perpecahan masalah keluarga, kurangnya perhatian dari keluarga atau kurangnya kasih sayang dari orang tua. Namun pada kenyataannya bahwa setiap sekolah, terdapat anak-anak yang mengalami sikap emosionalnya tinggi. Dari hasil pengamatan pada 31 Oktober 2018 di SDN 1 Jenangan Ponorogo bahwa dalam kegiatan pembelajaran dikelas masih ada siswa yang sikap emosionalnya tinggi. Upaya yang dilakukan guru adalah memberikan motivasi dan memberikan bimbingan secara individu dan kelompok.
Penelitian ini bertujuan untukMengetahui sikap emosional siswa yang belatar belakang broken home terhadap teman sejawatdi SDN 1 Jenangan Ponorogo, mengetahui sikap emosional siswa yang berlatar belakang broken home terhadap guru di SDN 1 Jenangan Ponorogo, dan mengetahui upaya guru dalam mengatasi sikap emosional siswa yang berlatar belakang broken home di SDN 1 Jenangan Ponorogo
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti melakukan penelitian lapangan menggunakan jenis kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data temuan dengan menggunakan teknik meningkatkan ketekunan dan triangulasi data.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan menunjukkan bahwa (1) sikap emosional siswa yang mempunyai latar belakang broken home terhadap teman sejawat di SDN 1 Jenangan Ponorogo yaitu beberapa siswa yang memiliki sikap emosional tidak wajar diantaranya takut, marah, kuatir/was-was, dan cemburu. (2) sikap emosional siswa yang mempunyai latar belakang broken home terhadap guru di SDN 1 Jenangan Ponorogo yaitu sikap agresif, pemarah, dan takut. Dengan sikap dan perilaku siswa tersebut, siswa berani terhadap guru dalam tingkah laku maupun berbicara. Selain itu sikap emosional yang ditunjukkan siswa adalah marah terhadap gurunya dan perasaan takut/minder. (3) upaya guru dalam mengatasi sikap emosional siswa yang mempunyai latar belakang broken home di SDN 1 Jenangan Ponorogo yaitu dengan melakukan pendekatan, memberi motivasi dan juga memberikan bimbingan khusus pada siswa tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FANINDA NOVIKA PERTIWI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:12
Last Modified: 22 Aug 2019 04:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7254

Actions (login required)

View Item View Item