pengaruh program baca tulis alquran dan strategi mengajar guru terhadap mata pelajaran alquran hadis siswa kelas vii di mts putri ma'arif ponorogo

Al-Khofifah, Siti Bariroh (2019) pengaruh program baca tulis alquran dan strategi mengajar guru terhadap mata pelajaran alquran hadis siswa kelas vii di mts putri ma'arif ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PROGRAM BACA TULIS ALQURAN DAN STRATEGI MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS KELAS VII DI MTs PUTRI MA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Khofifah, Siti Bariroh. 2019. Pengaruh Program Baca Tulis Alquran dan Strategi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Kelas VII Di MTs Putri Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran: 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Harjali, M.Pd.

Kata Kunci: Baca Tulis Alquran, Strategi Mengajar Guru, Prestasi Belajar

Prestasi belajar Alquran Hadis siswa dapat terwujud dengan baik apabila faktor-faktor penunjang prestasi siswa di perhatikan dengan baik pula. Usaha sekolah dan guru di MTs Putri Ma’arif Ponorogo untuk menunjang prestasi belajar siswa adalah dengan mengadakan program kegiatan baca tulis Alquran dan menerapkan strategi mengajar dalam proses pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas. Program Baca Tulis Alquran (BTA) adalah suatu kegiatan ekstrakurikuler yang mempelajari tentang bagaimana cara membaca dan menulis Alquran sesuai dengan kaidah yang baik dan benar yang diterapkan pada siswa. Sedangkan strategi mengajar guru adalah cara-cara atau usaha guru yang berbeda dalam upaya membelajarkan siswa supaya siswa mudah memahami materi yang sedang dipelajari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh program baca tulis Alquran dan strategi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis di MTs Putri Ma’arif Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan nilai raport siswa kelas VII semester ganjil. Kemudian analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.
Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) hasil analisis perhitungan Fhitung>Ftabel yaitu 8,196>4,17 pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat pengaruh antara program baca tulis Alquran dengan prestasi belajar mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas VII di MTs Putri Ma’arif Ponorogo. (2) hasil analisis perhitungan Fhitung>Ftabel yaitu 5,338>4,17 pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat pengaruh antara strategi mengajar guru dengan prestasi belajar mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas VII di MTs Putri Ma’arif Ponorogo. (3) terdapat pengaruh antara program baca tulis Alquran dan strategi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas VII di MTs Putri Ma’arif Ponorogo sebesar 28,7%, dan 71,3% sisanya dipengaruhi faktor lain yang sedang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:36
Last Modified: 20 Aug 2019 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7236

Actions (login required)

View Item View Item