upaya membentuk karakter mandiri santri usia sekolah dasar (studi kasus di pondok pesantren queen al-falah mlaten geger madiun)

Khusna, Nihayatul (2019) upaya membentuk karakter mandiri santri usia sekolah dasar (studi kasus di pondok pesantren queen al-falah mlaten geger madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khusna, Nihayatul, 2019. Upaya membentuk Karakter
Mandiri bagi Santri Usia Sekolah Dasar di
Pondok Pesantren Queen Al-Falah (Studi Kasus
di Pondok Pesantren Queen Al-Falah Mlaten
Geger Madiun). Skripsi, Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Muhammad Widda Djuhan, S.Ag,
M.Si.
Kata Kunci: Karakter Mandiri dan Santri Usia Sekolah
Dasar.
Dalam dunia pesantren pengasuh merupakan
penentu keberhasilan santri. Maka dari itu,
seorangpengasuhharusmampumenanamkannilai-nilai
pendidikan karakter terutama karakter kemandirian.Upaya
pengasuh sangat penting dalam proses pembentukan
karakter mandiri Berdasarkan hasil observasi di
PondokPesantrenQueenAl-Falahupaya yang di gunakan
pengasuh dalam membentuk karakter mandiri santri adalah
dengan memadukan antara kurikulum pondok pesantren
salaf dengan modern. Perpaduan kurikulum tersebut
diwujudkan dalam beberapa kegiatan yaitu االءم تحفظ) piket
pagi), giat pribadi, diniyah, belajar bersama, dan
mukhadhoroh. Pada kenyataanya yang menjadi tantangan
dalam kegiatan tersebut agar maksimal ialah adanya santri
usia sekolah dasar yang masih memerlukan bimbingan
banyak ketimbang mereka yang usia sekolah menengah
pertama ataupun sekolah menengah atas.
Tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah
untuk mengetahui kegiatan-kegiatan pondok dalam
membentuk karakter santri usia sekolah dasar dipondok pesantren Queen Al-falah dan untuk mengetahui karakter
mandiri siswa di Pondok Pesantren Queen Al-Falah dalam
membentuk karakter mandiri bagi santri usia sekolah dasar
di Pondok Pesantren Queen Al-Falah.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang dirancang dengan
membuat catatan lapangan yang bersifat deskriptif dengan
jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisa dari Miles dan
Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini kegiatan-kegiatan membentuk
karakter mandiri santri usia sekolah dasar yaitu االءم تحفظ
(piket pagi), giat pribadi, diniyah, belajar bersama, dan
mukhadhoroh. Sedangkan hasil dari adanya kegiatan-
kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Queen Al-Falah
inipun sudah terlihat santri usia sekolah dasar sudah
lumayan mandiri dalam kegiatan sehari-hari mereka seperti
mencuci, menyetlika ataupun mengurus diri sendiri dalam
pengendalian emosipun santri sudah lumayan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: muh. widda djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:26
Last Modified: 20 Aug 2019 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7213

Actions (login required)

View Item View Item