pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pai kelas x rpl smkn 1 ponorogo tahun ajaran 2018/2019

Kusumaningtiyas, Dian Ratri (2019) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pai kelas x rpl smkn 1 ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
DIAN RATRI KUSUMANINGTIYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kusumaningtiyas, Dian Ratri. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X RPL SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Keaktifan Belajar Siswa, Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI
Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Pembelajaran aktif sangat diperlukan, siswa diharapkan aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran untuk berpikir, berinteraksi, berbuat untuk mencoba, menemukan konsep baru atau menghasilkan suatu karya. Sebaliknya anak tidak diharapkan pasif menerima layaknya gelas kosong yang menunggu untuk diisi. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau angka dalam raport sebagai laporan hasil
3
belajar peserta didik kepada orang tuanya. Dengan mengetahui prestasi belajar siswa dapat diketahui kedudukan anak dalam kelas, apakah anak itu termasuk kelompok anak yang pandai, sedang atau kurang. Di lapangan ditemukan masih terdapat siswa yang nilai pada mata pelajaran PAI masih rendah atau dapat dikatan masih dibawah KKM, sehingga hal tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Jadi diharapkan melalui pemanfaatan media pembelajaran dengan baik dan siswa mampu belajar aktif di dalam kelas akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X RPL SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X RPL SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X RPL SMKN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif yaitu Expost Facto, dengan jumlah sampel 67 responden dan dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan simple jenuh. Serta menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
4
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI dimana diperoleh nilai Fhitung (7,218) ≥ Ftabel (3,99), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti pemanfaatan media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 10%.. (2) Adanya pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI dimana diperoleh nilai Fhitung (4,170) ≥ Ftabel (3,99), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti keaktifan belajar siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI sebesar 6%. (3) Adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dimana diperoleh nilai Fhitung (6,222) ≥ Ftabel (3,99), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti pemanfaatan media pembelajaran dan keaktifan belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 16,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:01
Last Modified: 16 Aug 2019 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item